Kemenhub BPTD Wilayah VIII Provinsi Banten terminal tipe A Pakupatan melakukan pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat (Ram Cek) bus Antar Kota dan Provinsi (AKAP) guna memastikan kesiapan penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru 2022 di Terminal Pakupatan, Serang, Banten, Senin (20/12/2021).

Kepala Terminal Pakupatan Waluyo menerangkan giat "ram cek" atau pengecekan seluruh sarana dan kendaraan untuk memastikan keselamatan dan keamanan serta kondisinya layak beroperasi saat digunakan masyarakat untuk mudik Natal dan Tahun Baru, baik itu kendaraan umum, bus, kapal penyeberangan (fery), hingga kapal Pelni dan perintis.

Baca juga: Polda Banten ringkus komplotan preman rendahkan warga

"Jadi sarana yang akan mendukung penyelengaraan angkutan natal dan tahun baru harus dipastikan dalam kondisi layak akan di berikan stiker begitupun yang tidak layak sehingga akan menjadi perbaikan pihak PO Bus ," jelasnya.

Waluyo menyebut, pengecekan Ram cek sebelum Nataru rutin dilakukan, kini lebih ditingkatkan dan diperketat pemeriksaan yang dilakukan oleh PPTD untuk membantu dishub.
Petugas Dishub Kota Serang memeriksa kelayakan Bus AKAP saat Ram Cek di Terminal Pakupatan, Serang, Banten, Senin (20/12/2021). (Foto Antara/Weli)


"Sebelum Nataru tim rutin tiap hari melakukan giat ram cek, jelang Nataru 2022 lebih ditingkatkan dan diperketat protkesnya," sebutnya.

Ditambahkan, sanski ketidaklayakan kendaraan saat ram cek akan dilaporkan kepada Kantor Perusahaan Otobus (PO) dan Kantor Balai.

"Jika ada temuan saat ram cek surat yang mati ataupun tidak lengkap akan kami tindak lanjuti, kita akan laporkan ke Kantor Perusahaan dan Kantor Balai yang akan menyampaikan ketidaklayakan kepada PO untuk diperbaiki," tambahnya.

Ia menghimbau kepada PO untuk melengkapi surat-surat  yang akan di pergunakan oleh bus AKAP jelang Nataru 2022.

"Pelayanan jelang Nataru kami menghimbau kepada PO supaya lebih teliti melakukan pemeriksaan yang rutin secara  berkala, karena kita harus menjamin keselamatan maupun keamanan para penumpang sampai ke tempat tujuan," imbaunya.

Pewarta: Weli

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021