Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri meminta seluruh pengurus dan anggota Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Serang untuk memahami keadaan   saat ini yang masih dalam pandemi COVID-19 yang berpengaruh terhadap perekonomian.

“Pendapatan daerah pun terpengaruh juga, sehingga kegiatan-kegiatan di pemerintah daerah banyak yang harus di refocusing untuk penanganan COVID-19. Dan ini tentu saja berpengaruh kepada kondisi mental dari ibu-ibu,” katanya usai menghadiri Peringatan Dirgahayu ke-22 Tahun Darma Wanita Persatuan tahun 2021 di Gedung Korpri Kabupaten Serang, Senin (13/12). 

Baca juga: Diskominfosatik Kabupaten Serang Ajak IPPNU Sinergi Literasi Digital

Dalam kegiatan yang bertemakan “Bersama membangun ketahanan perempuan Indonesia, mental sehat, dan bisnis UMKM pulih” itu, Sekda Entus mengungkapkan, dengan kondisi pandemi ini maka semua pihak khususnya para istri ASN (Aparatur Sipil Negara) harus memahami kondisi yang ada, dan harus menyesuaikan dengan keadaan.

“Bantu para suaminya untuk menangani COVID -19 ini supaya segera berakhir, sehingga peran DWP dituntut mensukseskan program penanganan COVID-19. Itu yang pertama,” tegas Entus.

Sedangkan yang kedua, Entus juga menyebutkan, dampak pandemi COVID-19 terhadap kondisi ekonomi juga berpengaruh pada pendapatan para ASN, karena dengan kondisi yang ada seringkali mengalami keterlambatan pembayaran gaji, TPP (tambahan penghasilan pegawai) maupun kegiatan lainnya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah, katanya, dengan menghemat pengeluaran.

“Selain itu ibu-ibu juga harus lebih kreatif membantu ekonomi keluarga dengan jalan mungkin bisa melakukan hal-hal bersifat usaha mikro, membuat kue dan sebagainya yang itu nanti akan mendatangkan tambahan pendapatan,” ungkapnya.

Menurutnya, banyak contoh bisa dilakukan mengenai tambahan pendapatan yang harus dilakukan istri-istri ASN dengan penyesuaian penghematan, dengan kreatifitas yang bisa dilakukan. 

"Insya Allah kita bisa keluar, bisa melalui pandemi COVID-19 ini dengan baik,” harap Entus.

Pada momen tersebut, selain mengucapkan selamat, Entus juga berharap DWP semakin baik, semakin jaya juga menjadi ajang silih asah, silih asih, silih asuh seluruh anggota. 

“Barangkali yang lebih senior memberitahukan kepada yang junior bagaimana harus bersikap sebagai istri ASN dengan baik, dan itu kita harapkan,” katanya.

Ketua DWP Kabupaten Serang, Siti Nurlinawati Entus Mahmud mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk silaturahmi yang sebelumnya terputus selama dua tahun masa pandemi. 

"Dengan seperti ini para pengurus berkumpul untuk mempererat dengan tatap muka saling mengetahui satu sama lain,” ujarnya.

Berkaitan dengan kreatifitas, Siti Nurlinawati memastikan itu sudah dilakukan oleh DWP Kabupaten Serang. Terbukti beberapa waktu lalu salah satu Anggota DWP Kabupaten Serang meraih juara ketiga lomba UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). 

“Itu membuktikan anggota kita aktif dalam menjalankan sebagai pelaku UMKM, baik itu catering, rias pengantin dan lainnya. Semua aktif, karena semua bidang mempunyai tugas masing-masing,” tuturnya.





 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021