Wakil Gubernur (wagub) Banten, Andika Hazrumy berharap para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banten untuk menjaga iklim investasi guna menumbuhkan kembali geliat ekonomi di daerah itu setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Dimulai awal pandemi COVID-19, terkontraksi hingga minus 3,33 persen. Geliat ekonomi Banten merangkak hingga 8,89 persen. Ini di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional," ucap Andika dalam acara pembukaan Musyawarah Provinsi (Muprov) VI Kadin Banten bertajuk Banten Bangkit di Masa Pandemi di salah satu hotel, di Tangerang, Senin.

Baca juga: Pemkab Tangerang dorong UMKM masuk dalam kelompok Forsamik

Ia mengatakan, selama dua tahun terakhir banyak pelaku usaha terdampak oleh adanya pandemi COVID-19, sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di wilayah Provinsi Banten.

Namun, kata dia, dengan seiringnya waktu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dengan seluruh stakeholder dapat mengebalikan pertumbuhan ekonomi tersebut dengan menjaga geliat investasi

"Ini berkat komitmen semuanya menjaga geliat investasi di Provinsi Banten," katanya.

Ia mengungkapkan, geliat investasi di tunjukkan dengan ada perbaikan. Seperti di tahun 2021 ini nilai investasi di Banten mencapai Rp73 triliun.

"Tentu kami berharap Kadin bisa menjaga iklim investasi di wilayah Banten," katanya.

"Kami berharap bisa tetap menjaga kebersamaan, mau bagaimanapun Kadin merupakan mitra strategis Pemerintah," tambah Andika.

Sementara itu, Wakil Ketua Kadin Banten Bidang Organisasi dan Tatalaksana Kadin Banten Amir Hamzah mengatakan, pelaksanaan Muprov VI Kadin Banten di periode kedua Mulyadi Jayabaya lebih cepat.

"Ini dilakukan karena Ketua Umum Jayabaya dipercaya menjadi jajaran Wakil Ketua Umum di Kadin Indonesia," terangnya.

Amir menjelaskan, pengusaha di tengah pandemi terdampak. Pihaknya melihat upaya Pemprov dan Pemkab se Provinsi Banten secara massif melaksanakan program vaksinasi.

"Jalanan sudah kembali macet. Itu tanda pemulihan ekonomi Banten berjalan dengan baik," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021