Nucleus Farma menyosialisasikan manfaat Onoiwa MX sebagai oral albumin dan terapi pendukung bagi pasien kanker obstetri dan ginekologi dalam biennial meeting 2021 secara virtual pada Sabtu dan Minggu (13-14 November 2021).

Pertemuan ilmiah ini diselenggarakan oleh Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI), dengan di organizer oleh HOGI cabang Kalimantan Selatan. Peserta yang menghadiri event ini adalah dokter – dokter yang tergabung di dalam HOGI, dokter Obgyn, dokter umum dan Bidan.

Pada hari pertama & kedua Biennial Meeting menghadirkan sesi yang terbagi sesuai dengan kelompok spesialisasi peserta. Melalui program ilmiah yang disajikan dalam berbagai sesi, acara ini menyoroti isu-isu penting yang saat ini mempengaruhi praktik kedokteran dan spesialisasi yang disampaikan oleh Narasumber terkemuka untuk membahas kemajuan di bidang Obstetri dan Ginekologi, serta update mengenai terapi Kanker Obstetri & Ginekologi.

Banyak perusahaan farmasi turut berpartisipasi, salah satunya PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma) dengan produk unggulannya yang menarik dibahas adalah Onoiwa MX. Pada hari Minggu (14/11) dalam sesi Simposium dengan Narasumber yang sudah pakar di bidang Onkologi Obstetri & Ginekologi yaitu Dr. dr. Sigit Purbadi, SpOG (K) Onk, beliau adalah salah satu guru besar & staf Pengajar Onkologi Obstetri & Ginekologi di Kedokteran Universitas Indonesia, serta satu – satunya spesialis Obgyn Onkologi di RS PIK – Jakarta Utara, serta dr. Fara Vitantri Diah, SpOG (K) Onk sebagai Moderator pada sesi simposium ini. 

Pada event Biennial Meetin 2021 ini dibahas mengenai manfaat dari ONOIWA MX, yaitu polyherbal yang mengandung ekstrak ikan gabus, temulawak dan daun kelor sebagai alternatif terapi untuk penanganan hipoalbuminemia pada pasien kanker, khususnya kanker ovarium & kanker serviks. 

Onoiwa MX mengandung kadar Albumin yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar Albumin pada pasien dengan Hipoalbuminemia serta dengan kandungan Nutrisi yang lengkap dapat memenuhi kebutuhan Nutrisi  pada pasien – pasien paska kemoterapi. 

Selain itu dibahas juga mengenai manfaat Onoiwa MX sebagai Terapi suportif pada pasien Kanker, karena Onoiwa MX mengandung Antioksidan yang tinggi serta dengan penelitian yang ada membuktikan bahwa ekstrak ikan gabus, salah satu komponen dari Onoiwa MX terbukti dapat memperbaiki sitokin proinflamasi seperti IL-6 & TNF – Alfa. 

Onoiwa MX dengan rasa asli buah blueberry, membuat penerimaan pasien kanker lebih baik, karena tidak menimbulkan efek mual & muntah, serta dengan sediaan langsung minum, membuat konsumsinya lebih praktis & efisien.

Pada kegiatan ini dibahas mengenai "Peran Albumin dalam Pengobatan Kanker Ginekologi". Pembahasan awal mengingatkan bahwa albumin adalah protein plasma yang paling melimpah, dengan lebih dari 50% protein plasma dibuat.

Albumin disintesis di hati, pre-albumin pro-albumin aparatus golgi yang akan mengubah pro-albumin albumin yang disekresi oleh hepatosit. Kasus malnutrisi pada pasien kanker sering terjadi. Malnutrisi merupakan interaksi yang kompleks antara penyakit dan gizi. 

Prevalensi gizi buruk di rumah sakit bervariasi sekitar. Malnutrisi di rumah sakit menyebabkan morbiditas dan mortalitas seperti penurunan kekuatan otot, penyembuhan luka yang tertunda, komplikasi pasca operasi, peningkatan risiko infeksi nosokomial, penurunan kualitas hidup pasien yang mengakibatkan perpanjangan rawat inap dan peningkatan pengobatan.  

Albumin adalah salah satu penanda status malnutrisi pada pasien yang stabil secara klinis. Studi Laky et al menunjukkan bahwa konsentrasi albumin serum yang rendah dikaitkan dengan risiko malnutrisi pada pasien kanker ginekologi. Albumin serum <3.5g/dl juga berhubungan dengan  peningkatan komplikasi, lama rawat inap dan mortalitas selama rawat inap. 

Contoh pada kasus kanker serviks status gizi yang menurun dapat diperbaiki dengan pemberian albumin. 
Sumber albumin yang dapat diberikan berasal dari ekstrak ikan gabus yang mengandung protein dan albumin dalam jumlah tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, memiliki aktivitas antiinflamasi pada kondisi akut dan kronis, memiliki khasiat antioksidan, agen imunostimulator untuk mengontrol homeostasis dan proliferasi sel limfoid, dan memiliki aktivitas potensial untuk terapi hipoalbumin. 

Manfaat Polyherbal sebagai albumin oral dan terapi suportif pada kanker ginekologi sangat memberikan manfaat, dalam sediaan Onoiwa MX terdapat ikan gabus yang mengandung albumin dapat berperan menaikkan nutrisi pasien kanker serta menyeimbangkan tekanan osmotik yang memicu sel kanker tumbuh, temulawak yang mengandung kurkumin dapat mencegah dan menangkal radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker serta terbukyi mengurangi angiogenesis sebuah gejala pertumbuhan darah baru pada tumor dan metastasis penyebab kanker. Kemudian kandungan dalam daun kelor terdapat senyawa niazimicin dapat membantu membunuh dan mencegah sel kanker untuk tumbuh kembali.


 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021