Serang (AntaraBanten) - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Badan kepegawaian Daerah mempersiapkan diri mendukung kelancaran proses perekrutan tenaga baru aparatur pemerintah akhir September mendatang, setelah pemerintah pusat memutuskan membuka seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Serang Rif'ah Maftuty di Serang, Selasa mengatakan, untuk tanggal pembukaan belum bisa ditentukan, namun dari jadwal pihaknya memastikan pendaftaran akan dibuka pada September nanti.


Ia mengaku belum menerima Petunjuk Pelaksana (Juklak) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).


"Berkenaan dengan tata cara perekrutannya kami belum menerima Juklak juknisnya dari KemenPAN-RB," ungkapnya.


Menurut Rif'ah, bagi masyarakat Kabupaten Serang yang berminat agar tidak ragu mendaftarkan dirinya terutama bagi masyarakat yang mempunyai latar belakang  pendidik. Karenanya 50 kuota yang didapat Kabupaten Serang seluruhnya diperuntukan untuk formasi guru. Pendaftaran sendiri akan dibuka September dan tahapan seleksi akan dilakukan pada Oktober.


"Kami punya 50 kuota CPNS untuk formasi yang terdiri dari 40 kuota untuk guru SD dan 10 kuota untuk guru keterampilan di SMK seperti keterampilan elektronik, pariwisata, mesin, dan sipil," kata Rif'ah menyebutkan.


Ia menjelaskan, adapun syarat yang perlu diperhatikan secara umum bagi para peminat diantaranya berijazah sarjana jurusan keguruan, dan hal tersebut berlaku bagi peminat sebagai guru keterampilan dimana meski jurusan keterampilan tetap harus berbasis sebagai pendidik.


"Kalau daftar sebagai guru SD tentu harus berijazah sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan begitu juga untuk peminat CPNS guru keterampilan di SMK. Kalau syarat lebih spesifiknya akan kami umumkan setelah mendapat Juklak dari kemenPAN-RB. Informasi pendaftaran dapat dilihat di situs KemenPAN-RB, media massa setempat atau juga di situs resmi Pemkab Serang," ungkapnya.


Rif'ah menegaskan, jika rekrutmen CPNS kategori umum ini akan berlangsung secara transparan dimana semua tahapan seleksi akan dilakukan oleh KemenPAN-RB. Karenanya bagi para peminat untuk tidak percaya kepada oknum yang memanfaatkan situasi ini yang mengaku dapat meloloskan peserta tes menjadi PNS.


"Rekrutmen ini juga dipastikan akan bebas dari praktek titip menitip dari pejabat manapun," katanya.


Sementara terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Lalu Atharussalam Rais mengatakan, meski formasi CPNS umum telah ditetapkan yakni seluruhnya untuk guru, namun untuk memastikan lebih lanjut lagi pihaknya akan melakukan koordinasi dengan KemenPAN-RB.


"Nanti kami koordinasi lagi dengan KemenPAN-RB karena ada berdasarkan pertimbangan, kami juga sebenarnya membutuhkan formasi untuk tenaga kesehatan," kata Lalu usai Pertemuan Teknis Bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di Aula Setda II Kabupaten Serang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013