Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten memberikan bantuan benih tanam padi kepada para petani yang gagal panen maupun terdampak pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kabupaten Tangerang, Azis Gunawan di Tangerang, Rabu, mengatakan bantuan berupa benih padi ini diberikan agar petani dapat kembali menanam.

Baca juga: Bioskop dan taman di Kota Tangerang diizinkan buka kembali

"Kaitannya dengan upaya bantuan dari Pemda, kita sudah menyiapkan bantuan bibit-bibit padi untuk para petani yang mengalami gagal panen," katanya.

Ia menuturkan perubahan iklim yang berubah-ubah dan juga masa pandemi selama 2021 memberikan dampak kepada para petani di Kabupaten Tangerang yang terlihat dari hasil panen yang menurun.

Oleh karena itu, pihaknya berusaha untuk meringankan beban petani dengan menyediakan bibit padi agar hasil produksinya di masa sulit ini tidak terganggu.

Ia menyebutkan, bantuan bibit padi yang telah disediakan oleh Pemkab Tangerang untuk petani ini sebanyak 16 ton dengan luasan penangkaran delapan hektare.

Selain itu, penyediaan bantuan bibit tersebut, juga dibantu oleh pemerintah pusat dan Pemprov Banten sehingga para petani tidak perlu khawatir jika terdapat kekurangan.

"Bibit ini kita sediakan dengan penangkaran sendiri dan dikelola sendiri jadi tidak mengeluarkan anggaran dari manapun," kata dia.



Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021