Jakarta (Antara News) - The Nature Conservancy (TNC) lembaga yang bergerak di bidang lingkungan menyelenggarakan forum kepemimpinan (Thought Leadership Forum) dengan tujuan mengajak perusahaan lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan.

"Lingkungan yang terjaga kelestarian dengan baik justru akan mendorong perkembangan sektor bisnis dan ekonomi," kata Country Director TNC Indonesia Rizal Algamar di Jakarta, Senin.

Pembangunan berkelanjutan hanya dapat dilaksanakan melalui lingkungan yang lestari, sebagai contoh industri dapat beroperasi dengan aman tanpa khawatir terkena banjir, papar Rizal lebih lanjut.

Rizal mengatakan, dalam melaksanakan kegiatannya di Indonesia dengan pelaku bisnis TNC menerapkan tiga pendekatan yakni mendidik, mengingatkan, dan mempengaruhi. 

Bahkan di sejumlah negara Amerika, Amerika Latin, dan Cina kelestarian lingkungan harus dijaga  dengan tujuan sektor bisnis dapat menjalankan usaha lebih efisien dan terlindungi.

"Alam dapat menjadi benteng perusahaan baik yang terkait langsung dengan pemanfaatan alam maupun tidak langsung dari kemungkinan terjadinya banjir dan  longsor," ujar dia.

Rizal menunjuk perusahaan yang bergerak di bidang consumer good misalnya menghasilkan banyak sampah sehingga apabila tidak dikendalikan menimbulkan dampak banjir.

"Hal yang paling penting bagi perusahaan untuk berkontribusi pada kelestarian lingkungan adalah memiliki program yang baik dibidang
"commuinity development" dan corporate social responsibility"," kata  Rizal.

Rizal mengatakan program di bidang lingkungan tidak bisa dilakukan sekali saja karena dampaknya tidak akan dirasakan tetapi harus berkelanjutan dan terarah.

TNC sendiri, kata Rizal, menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan pemegang HPH di Kalimantan Timur, salah satu materi yang kemudian dilaksanakan adalah kegiatan menebang pohon yang aman.

Kerja sama dengan perusahaan ini mencakup areal 1,5 juta hektar sebanyak 80 persen dari areal tersebut telah mendapatkan sertifikat lingkungan.

Sertifikat ini akan sangat membantu dalam menjalin hubungan bisnis di luar negeri, saat ini banyak konsumen di luar negeri yang lebih suka menggunakan produk yang memiliki sertifikasi lingkungan.

Associate Director Tri Soekirman mengatakan, TNC menawarkan tiga solusi bagi perusahaan dalam menangani lingkungan yakni green solution, grey solution, dan social solution.

Green solution biayanya lebih murah karena lebih memanfaatkan alam yang tersedia, sedangkan Grey solution lebih mahal karena terkait biaya konstruksi, sedangkan social solution lebih melibatkan peran serta masyarakat sekitar dalam memelihara lingkungan.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013