Ratuasn santri pondok pesantren (ponpes) dan warga setempat Kabupaten Tangerang antusias mengikuti pelaksanaan vaksinasi COVID-19 Merdeka yang digelar oleh Polri secara serentak di seluruh daerah di Indonesia sebagai upaya percepatan realisasi target menuju herd immunity.

"Hari ini untuk Vaksinasi Merdeka yang dilaksanakan oleh Polri di wilayah Kabupaten Tangerang menargetkan sebanyak 1.500 orang santri dan warga setempat," kata Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari usai meninjau langsung pelaksanaan Vaksinasi Merdeka di Ponpes Riadlul Jannah Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa.

Baca juga: LPTQ Kabupaten Pandeglang luncurkan mushaf Al-qur'an khas Pandeglang

Ia mengatakan, melalui program Vaksinasi Merdeka ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh TNI/Polri dalam rangka mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok masyarakat atau herd immunity.

Selain itu, lanjutnya dengan adanya program ini juga dapat membantu pemerintah setempat untuk mencapai target sasaran.

"Kalau untuk capaian vaksinasi di wilayah hukum Polda Banten sudah mencapai sekitar 48 persen, dari vaksinasi yang diterima oleh Polri atau Polda Banten," katanya.

Ia mengajak, kepada seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Banten untuk serta merta mengikuti vaksinasi COVID-19, baik yang dilakukan oleh pemerintah setempat maupun TNI/Polri dengan tujuan untuk menyelesaikan pandemi COVD-19 yang saat ini masih melanda Indonesia.

"Jadi saya mengajak agar masyarakat ikut vaksin, baik ikut vaksin yang dilakukan Pemerintah atau TNI/Polri. Supaya pandemi ini segera selesai," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi adanya center vaksin COVID-19 di pondok pesantren yang difasilitasi oleh Polri.

Menurutnya, dengan adanya center vaksinasi tersebut dapat membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dalam mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat.

"Saya sangat mengapresiasi dengan adanya Vakinasi Merdeka, dan ini akan membantu kita dalam percepatan pemberian vaksin," katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini di wilayah Kabupaten Tangerang sendiri capaian vaksinasi COVID-19 sekitar 25 persen lebih dari total yang ada.

"Insyaallah dalam tiga minggu ini kita akan lakukan lagi vaksinasi sebanyak 380 ribu kepada masyarakat," ungkapnya.

Ia juga meyakini, untuk targetan vaksinasi sebanyak 2 juta akan segera terealisasi hingga bulan November 2021 ini, asalkan semua instansi dan elemen masyarakat bergerak bersama untuk mensukseskan program vaksin itu.

"Jadi kuncinya yaitu kiriman vaksin dan bergerak bersama-sama sukseskan vaksinasi," kata A Zaki.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021