Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Kabupaten Tangerang, Banten melaksanakan vaksinasi COVID-19 secara massal guna mendukung program pemerintah pusat dalam mempercepat membentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) untuk memutus penyebaran virus corona.

Ketua GPII Kabupaten Tangerang, Anhar di Tangerang menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan vaksinasi massal yang menyasar kepada 1.000 orang warga Kabupaten Tangerang ini, dilakukan dengan bekerjasama Mabes Polri dan juga yang didukung oleh pemerintah setempat.

Baca juga: Polres Lebak komitmen cegah COVID-19 melalui pembagian masker

"Kami atas nama GPII Kabupaten Tangerang melaksanakan vaksinasi massal ini dalam rangka mendukung pemerintah untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Dan dalam hal ini juga kami di dukung oleh Mabes Polri," katanya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama pemberian vaksin COVID-19 dengan 1.000 dosis ini diberikan secara gratis bagi masyarakat umum yang ada disekitar wilayah Kecamatan Tigaraksa.

"Jadi pembagian vaksin ini kami laksanakan secara tentatif bagi warga di sekitar Kecamatan Tigaraksa, dan inssyaallah nanti jika ada tambahan dosis vakinnya kita akan tambah kuota penerima," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja menyampaikan apresiasi kepada GPII yang telah berkontribusi dan berpartisipasi membantu pemerintah dalam mensukseskan vaksinasi di Kabupaten Tangerang

"Kami sangat mengapresiasi penuh yang dilakukan oleh teman-teman GPII ini, mudah-mudahan dengan upaya yang dilakukan oleh GPII bisa semakin menyadarkan masyarakat untuk menyukseskan vaksinasi," katanya.

Ia juga menjelaskan, bahwa berdasarkan data yang dihimpun, capaian herd immunity di wilayah Kabupaten Tangerang saat ini sudah mencapai sekitar 500 ribu lebih.

Akan tetapi, angka tersebut akan terus bertambah seiring banyaknya kelompok atau organisasi yang menyelenggarakan vaksinasi.

"Saya yakin angka capaian vaksinasi bisa terus bertambah dengan adanya kegiatan seperti ini, dan bisa mencapai target 2 juta penerima sampai Desember nanti," jelasnya.

Ia berharap, atas kegiatan yang dilakukan oleh GPII ini dapat memotivasi bagi organisasi-organisasi lainnya untuk dapat ikut serta mensukseskan program pemerintah yaitu mengakselerasi pemberian vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat memotivasi organisasi manapun, siapapun harus merasa terpanggil untuk membantu masyarakatnya dan juga untuk membantu meringankan beban pemerintah dalam menghadapi pandemi ini," kata dia.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021