Kelurahan Nusa Jaya di wilayah Kecamatan Karawaci Kota Tangerang Banten meluncurkan konsep Kelurahan Digital untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dan menjunjung akuntabilitas.

Lurah Nusa Jaya Ian Chavidz di Tangerang Minggu mengatakan konsep Kelurahan Digital yang dijalankan adalah pelayanan administrasi kependudukan dengan memanfaatkan teknologi informasi, sehingga warga tidak perlu harus datang ke kantor kelurahan.

Baca juga: PMI Kota Tangerang gelar simulasi penanganan bencana alam diikuti relawan

"Ini menggunakan aplikasi Whatsapp untuk membuat janji di Kelurahan. Sehingga warga tak perlu datang antre di Kantor Kelurahan. Dalam melengkapi berkas akan terintegrasi dengan aplikasi Pangkas sehingga semuanya dilakukan secara digital," kata Lurah Ian saat kegiatan peluncuran di Kantor Kelurahan Nusa Jaya, Minggu.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan di masa pandemi ini dibutuhkan banyak terobosan dalam memberikan kepada masyarakat agar lebih efisien terlebih masih diberlakukannya PPKM.

Wali Kota menekankan dengan konsep kelurahan digital yang diusung Kelurahan Nusa Jaya, akan membantu proses transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik kepada masyarakat. "Tujuan aplikasi Pangkas dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam urusan administrasi kependudukan," katanya.

Lebih lanjut Wali Kota mengharapkan konsep kelurahan digital dapat direplikasi oleh seluruh kelurahan di Kota Tangerang. "Dan yang harus ditekankan, pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan lainnya tidak dipungut biaya," kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021