Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Banten, menggelar simulasi penanganan bencana alam yang diikuti para calon relawan yang telah mengikuti pendidikan selama tiga bulan.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah dalam keterangannya di Tangerang, Sabtu (21/8), mengatakan PMI merupakan organisasi kemanusiaan yang bergerak dalam bidang sosial termasuk kesehatan di masa pandemi saat ini.

Baca juga: Banten bangun pelabuhan perikanan terpadu standar Internasional

Kegiatan simulasi bencana dimaksudkan untuk mempersiapkan relawan dalam membantu masyarakat ketika terjadinya bencana alam sehingga berbagai risiko dapat diminimalkan.

"Nantinya pelatihan dari kesiapan menghadapi bencana ini juga dapat dipahami oleh masyarakat sehingga ketika terjadi bencana dapat mengetahui tindakan yang dapat dilakukan," katanya.

Mahto Putra Ciptaning Sejati selaku Ketua Pelaksana Diklat SAR Relawan PMI Kota Tangerang mengatakan tujuan kegiatan ini agar relawan bisa mengaplikasikan materi yang didapat saat diklat SAR KSR dan terjun langsung dalam keadaan darurat sesungguhnya.

Arif Novrizal salah satu calon relawan berterima kasih kepada PMI sudah terus memberikan ilmu-ilmu tentang pertolongan pertama, evakuasi dan materi bencana lainnya.

“Ya dengan adanya simulasi ini saya berserta para calon relawan yang lainnya menjadi tau bagimana menanggulangi penanggulangan bencana, jadi ketika nanti ada bencana di Kota Tangerang khususnya kami sigap menanggulangi bencana," kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021