CV Cipta Kreatif Promosindo (Cikpro) meluncurkan layanan pengantaran obat dari Rumah Sakit ke rumah pasien dalam rangka mengurangi kerumunan di rumah sakit dan antri pada masa pandemi COVID-19 saat ini.

Ayu Matala Chief Operational Officer CV Cipta Kreatif Promosindo di Tangerang Rabu mengatakan layanan ini mulai beroperasi pada pertengahan bulan Juli 2021 dengan lokasi pertama di RS Sari Asih Karawaci Kota Tangerang.

Baca juga: Polrestro Tangerang Kota musnahkan 64 kilogram ganja hasil tangkapan

"Nama layanan ini "Antar obat" ke rumah pasien dari RS. Jadi pasien tak perlu antri menunggu di farmasi. Sebab petugas kami yang nantinya akan mengantarkan ke rumah pasien," kata Ayu Matala dittemui di RS Sari Asih Karawaci Kota Tangerang Rabu.

Dijelaskannya pengantaran obat dari rumah sakit ke rumah pasien menjadi pilihan di tengah pandemi COVID-19. Layanan ini pun menjadi solusi bagi Rumah Sakit dan pasien rawat jalan agar tak perlu menunggu sehingga tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menghindari kerumunan.

Inovasi layanan ini muncul ketika melihat antrian pasien rawat jalan di instalasi farmasi pada masa pandemi. Biasanya satu orang pasien menunggu selama 45 menit untuk mendapatkan obat. Bahkan untuk obat racikan akan lebih lama lagi.

"Peningkatan kasus COVID-19 saat ini dan banyak menyasar lansia, maka kami buat layanan antar obat dalam membantu pasien maupun rumah sakit agar menekan penyebaran COVID-19," ujarnya.

Untuk mendapatkan pelayanan ini maka pasien yang setelah berobat bisa mendatangi booth layanan "Antar Obat" untuk mendaftar pengantaran obat. Tarif yang dikenakan yakni Rp17.000 per lima kilometer dan penambahan sebesar Rp3.000 setiap satu kilometer.

Namun tak semua obat dapat diantarkan melalui layanannya sebab ada kategori obat tertentu yang harus diambil oleh pasien atau keluarganya.

“Setelah pasien mendaftarkan di booth,  kami akan berkordinasi dengan farmasi terkait jenis obat yang dikeluarkan,” ujar dia.


 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021