Jurnal kedokteran internasional di Eropa "Journal of Mocular & Clinical Medicine pada Juli 2021 menyebut produk Onoiwa MX yang diproduksi Nucleus Farma dapat sebagai adjuvan standar pengobatan pasien COVID-19 pasien tahap awal.

PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma) merupakan perusahaan obat dan suplemen kesehatan yang menggunakan bahan dasar alami lokal Indonesia.

Penelitian ini melibatkan peneliti dan praktisi yang pakar di bidangnya, Prof. Dr. apt. Syamsudin, M.Biomed merupakan Guru Besar bidang Farmakologi Bahan Alam dari Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, dr. Lusi Nursilawati Syamsi, Sp.P merupakan praktisi dokter spesialis paru yang menangani Covid-19, Dr.rer.nat. Chaidir Amin dari BPPT dan Dr. Nurita Andayani merupakan ahli statistika. 

"Sebuah prestasi yang sangat membanggakan, produk asli Indonesia produksi Nucleus Farma dapat masuk ke dalam studi penelitian di dalam artikel jajaran jurnal internasional," kata Edward Basilianus, CEO Nucleus Farma dalam keterangan tertulis, Rabu.

Edward menambahkan Nucleus Farma mempunyai visi dan misi untuk menyehatkan bangsa melalui inovasi produk biotechnology didukung dengan tim Research and Development yang kompeten di bidang pengembangan obat bahan alam dengan memahami drug MOA - drug mechanistic of action dan memahami drug delivery mechanism sehingga dapat menghasilkan obat-obat yang lebih efektif dan on target dalam pengobatan. 

"Kami berkomitmen akan terus melakukan penelitian dengan memanfaatkan kekayaan alam asli Indonesia dan mendukung peningkatan ekonomi dengan menjadikan obat natural yang siap bersaing di pasar global," ujarnya.

Prof. Dr. apt. Syamsudin, M.Biomed sebagai Guru Besar bidang Farmakologi Bahan Alam dari Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, bahan aktif utama dalam produk Onoiwa MX ini adalah ekstrak ikan gabus, dalam pemrosesan ekstrak tersebut Nucleus Farma menggunakan teknik enzymatic low pressure low temperature, dimana teknik tersebut adalah paten proses yang dimiliki Nucleus Farma dan belum banyak digunakan oleh produsen lain. 

Tujuan teknik ini untuk membuat ukuran partikel ekstrak lebih kecil (small molecule drugs) dan menjaga zat aktif tetap stabil. Paten proses ini menggunakan reaksi enzimatik yang dapat memutus ikatan protein lebih aktif sehingga sistem penghantaran obat tercapai dengan baik ke sel target.

Penggunaan Onoiwa MX sebagai oral albumin, tepat digunakan untuk mempertahankan onkotik plasma dan membawa molekul metabolit obat ke dalam sel. Onoiwa MX juga dapat menjadi obat pengganti albumin intravena bagi dokter di unit gawat darurat maupun rawat inap. 

"Hal tersebut pun didukung dengan kutipan hasil riset jurnal yang berjudul Serum albumin-mediated strategy for the effective targeting of Sars-Cov2 oleh Pushpendra Mani Mishra pada tahun 2020 bahwa albumin direferensikan sebagai bahan terapi pengobatan Covid-19 karena efektif sebagai penghantar obat untuk menargetkan Sars-Cov2," ujarnya.

 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021