Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA) masa khidmat 2021-2026 dibawah kepemimpinan KH Embay Mulya Syarief akan melakukan reposisi arah gerakan mengingat situasi dan perubahan zaman yang begitu cepat dan sulit diprediksi. 
       
“Mathla’ul Anwar secara tegas akan memperkenalkan kembali jati dirinya sebagai wadah pergerakan yang mengacu pada nilai-nilai inklusivitas, moderat, dan Islam yang washatiyah sebagai wujud Islam yang ‘rahmatan lil’alamin’ dan berfalsafahkan Pancasila,” kata KH Embay di Karawaci, Tangerang, Banten, Jumat (25/6/2021).
       
Dalam keterangan kepada wartawan usai pelantikannya selaku Ketua Umum PBMA, KH Embay juga mengemukakan, Mathla’ul Anwar membuka ruang sinergi dengan institusi manapun sejauh itu demi kemajuan serta demi kebaikan NKRI dan perbaikan Indonesia ke depan.
       
Mathla’ul Anwar juga bertekad kuat untuk terus menjaga kualitas demokrasi dan menjadi barisan terdepan dalam upaya membentengi Indonesia dari gerakan-gerakan yang ingin memecah belah umat dan bangsa serta dari gerakan ekstrimis keagamaan, radikalisme, dan segala bentuk isme-isme atau ancaman-ancaman apapun yang mengganggu keutuhan NKRI.
       
KH Embay mengemukakan pula bahwa Mathla’ul Anwar istiqomah melanjutkan pembangunan sumberdaya manusia melalui institusi-institusi pendidikan dengan melakukan pengembangan kualitas dan kuantitas pendidikan secara lebih memadai, adaptif terhadap perkembangan zaman, dan terbuka bagi ruang-ruang inovasi.
       
Selain itu ia mengharapkan Mathla'ul Anwar yang kini berusia 105 tahun bisa menjadi tempat bernaung dan berteduh bagi umat dan bangsa yang membutuhkan perbaikan kualitas dan jalan percerahan hidup. Mathla'ul Anwar diharapkan bisa menjadi rumah bersama untuk belajar dan saling berbagi ilmu serta tempat merajut setiap amal kebaikan.
     
"Saya berharap Mathla'ul Anwar bisa menjadi rumah bersama bagi umat dan bangsa untuk mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik," katanya usai acara pelantikan PBMA dan Pengurus Pusat Muslimat Mathla’ul Anwar (PP Musma) yang diberi tajuk “105 tahun mengabdi: arah baru Mathla'ul Anwar untuk umat dan bangsa” itu.
       
Pada kegiatan pelantikan PBMA-PP Musma pada 25 Juni 2021 itu Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan sambutan secara virtual. Pelantikan dilakukan oleh H Muhammad Mardiono, Anggota Dewan Penasehat PBMA yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Lukman Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021