Serang (ANTARABanten) - Gol A Gong, salah seorang penulis Banten, masuk nominasi Lifetime achievement Award, yaitu penghargaan seumur hidup di dunia perbukuan, yang diberikan Ikatan Penerbit Indonesia bagi mereka yang konsen menyukseskan dunia perbukuan.


Salah seorang dari Panitia Bidang Pembukaan dan Penutupan Indonesia Book Fair 2011, Neneng Sugandi di Serang, Banten, Rabu, mengatakan, Gol A Gong layak masuk nominasi karena sudah berkontribusi banyak di dunia perbukuan.

Selain pertimbangan itu, Gol A Gong juga merupakan penulis legenda Balada Si Roy.

"Gol A Gong juga merupakan penulis banyak buku dan mendirikan Rumah Dunia sebagai tempat belajar masyarakat, dan berjasa di dunia perbukuan. Penghargaan 'Lifetime achievement Award" akan diberikan kepada pemenang pada acara Indonesia Book Fair yang berlangsung mulai 24 November sampai 4 Desember 2011 di Istora Senayan, Jakarta," kata Neneng.

Ia mengatakan, selain memberikan penghargaan kepada penulis, IKAPI juga akan memberikan penghargaan kepada penerbit buku dan toko buku berjasa. Acara Indonesia Book Fair juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti aneka lomba, workshop, temu penulis, dan lainnya.

Gol A Gong menyambut baik dirinya masuk nominasi "Lifetime achievement Award". Ia mengaku diundang IKAPI untuk hadir dalam acara Indonesia Book Fair pada 25 November mendatang.

Penghargaan ini, bagi dirinya merupakan penghargaan yang kesekian kalinya, setelah sebelumnya juga mendapat penghargaan seperti saat berlangsungnya Islamic Book Fair.

Kemudian penghargaan dari Perpustakaan Nasional sebagai tokoh pengabdian buku, penghargaan Indonesia Berprestasi dari XL, serta Nasional Literasi Prize dari Kementerian Pendidikan Nasional.

"Saya juga beberapa kali juara pada perlombaan olahraga atlet cacat," katanya.

Gol A Gong menambahkan bahwa setelah tanah Rumah Dunia, Taman Baca Binaannya, terbebaskan dan mampu diperluas, ia bertekad ingin membangun Rumah Dunia menjadi gelanggang remaja. Gelanggang remaja adalah ujung dari Rumah Dunia.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011