Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menyatakan keterpakaian ruang Intensive Care Unit (ICU) pasien COVID-19 di beberapa rumah sakit umum (RSU) rujukan di daerah itu hingga kini mencapai sekitar 70 persen dari total kapasitas yang ada.

"Saat ini ruangan ICU di RSU Kabupaten Tangerang sudah terisi okupansinya sekitar 70 persen," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Tangerang, Achmad Muchlis di Tangerang, Senin.

Baca juga: PMI Kota Tangerang libatkan PMR dan relawan percepat pelayanan saat pandemi

Ia menjelaskan, terdapat 121 tempat tidur perawatan pasien COVID-19 tersedia di tiga rumah sakit yang ditunjuk Pemkab Tangerang tersebut, saat ini sudah terisi sekitar 69 tempat tidur.

"Sekitar 69 tempat tidur saat ini sudah terisi di tiga RSU rujukan yaitu, RSU Kabupaten Tangerang, RSU Balaraja dan RS Sialom Kelapa Dua," jelasnya.

Ia menuturkan dari pertengahan bulan April 2021, pihaknya selalu mendapat permintaan ruang ICU untuk pasien COVID-19. Namun, meski begitu dengan kebutuhan ruangan tersebut dipastikan aman.

"Allhamdulilah, setelah ada penambahan ruangan untuk kebutuhan perawatan dipastikan aman. Meskipun, akhir-akhir ini kasus aktif COVID-19 ada peningkatan," katanya.

Sedangkan untuk tempat tidur isolasi pasien COVID-19, lanjut Muchlis, tersedia sekitar 998 tempat tidur dari seluruh RS rujukan yang ada di wilayahnya.

Akan tetapi, pihaknya tidak merinci secara detail keterpakaian tempat tidur ICU dan isolasi pasien COVID-19.

"Upaya ke depan, kita sudah mengantisipasi apabila terjadi lonjakan kasus pasca libur lebaran ini, dengan meningkatkan testing dan tracing untuk mengantisipasi penyebaran virus corona lebih luas lagi," ujarnya.

Ia berharap, dengan kondisi dan situasi kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Tangerang yang terus menunjukkan peningkatan, masyarakat agar selalu sungguh-sungguh meningkatkan disiplin protokol kesehatan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas ke luar daerah.

"Saya menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kepedulian untuk menjaga kesehatan diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021