Tangerang, (ANTARABanten) - Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, membentuk forum deteksi dini sebagai bentuk mengantisipasi terjadinya teror bom maupun konflik lainnya.

"Forum deteksi dini yang ada di tujuh kecamatan diharapkan dapat membantu Pemkot dalam menjaga stabilitas keamanan," kata Kepala Kesbangpolinmas Kota Tangerang Selatan, Dedi Budiawan di Tangerang, Selasa.

Dedi menjelaskan, forum deteksi dini yang dibentuk pemerintah, memiliki 20 anggota dan tersebar di tujuh kecamatan yang ada.

Bahkan, forum ini sudah terbentuk sebelum terjadinya peristiwa bom bunuh diri Solo. Melainkan sebagai wadah dalam membantu pemerintah mengawasi kondisi lingkungan.

"Forum deteksi dini sebagai intilgen pemerintah dalam mengawasi dan menjaga keamanan di setiap kecamatan," katanya.

Kemudian, untuk mengantisipasi terjadinya konflik antar kelompok, maka pihaknya sudah meminta agar forum di setiap kecamatan untuk membuat kegiatan yang positif dan melibatkan semua pihak.

Kemudian, untuk yang bersentuhan dengan bidang keagamaan, maka Kesbangpolinmas akan berkoordinasi dengan FKUB.

"Di FKUB kan ada semua agama dan menjadi satu wadah. Diharapkan dapat membantu menjaga keamanan dan tidak terprovokasi dengan peristiwa di Solo," katanya.

Lalu, Kesbangpolinmas Kota Tangsel pun telah berkoordinasi dengan kepolisian dalam menjaga keamanan seperti memberikan himbauan kepada msyarakat.

"Caranya adalah dengan penyuluhan yang dilakukan oleh camat dan lurah hingga tingkat RT/RW agar tetap menjaga lingkungannya tetap kondusif," katanya

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011