Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang mengkonfirmasi bahwa satu kasus varian baru virus corona B117 yang berasal dari Inggris telah masuk di daerahnya.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi di Tangerang, Kamis mengatakan kemunculan virus baru tersebut berdasarkan dari hasil penelitian sample pada Februari 2021 terhadap satu warga asal Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang.

Baca juga: 8.100 pedagang di Serpong ikuti vaksinasi dosis kedua

"Ya betul, ada yang dicurigai terhadap satu pasien asal Kabupaten Tangerang yang terpapar virus B117. Tetapi saat ini yang bersangkutan sudah sembuh," katanya.

Ia menjelaskan pasien yang diketahui sebagai Pekerja Migran Indonesia (PIM) tersebut, terpapar virus corona bermutasi di Inggris menjadi varian B117 itu setelah pulang dari negara Timur Tengah.

"Memang pasien ini sebagai pekerja migran, kemudian setelah dilakukan pengecekan dicurigai terkena virus varian baru itu dan saat ini statusnya masih OTG," jelasnya.

Kemudian, sebagai upaya tindak lanjut dalam pencegahan penularan. Maka pihaknya melakukan pengecekan terhadap keluarga dan kerabat yang bersangkutan dengan mengambil sample yang dibawa ke laboratorium di Kementerian Kesehatan.

"Saat ini untuk hasilnya kita belum tahu, karena dikirim Provinsi Banten ke Litbangkes Kemenkes jadi masih menunggu hasilnya," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021