Tangerang, (ANTARABanten) - Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, bekerjasama dengan Pusat Pengetahuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mengembangkan ikan air tawar.

"Kerjasama yang dijalin antara Pemkot Tangsel dan Puspiptek yakni dengan dibangunnya balai benih ikan air tawar," kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Tangerang Selatan, Mispan di Tangerang Selasa.

Dikatakan Mispan, dalam balai benih ikan air tawar yang dibangun di kawasan Puspiptek tersebut, nantinya akan dilakukan pengembangan mulai dari pembenihan hingga pembesaran.

Selain itu, di atas lahan seluas 2,5 hektar tersebut, Pemkot Tangsel dan Puspiptek juga akan melakukan pengembangan perikanan, rumah makan dan wisata air.

Dalam kerjasama tersebut, Puspiptek nantinya akan menyediakan lahan dan tenaga ahli perikanan. Sedangkan pemkot Tangsel akan menyiapkan petani ikan dan unsur lainnya.

"Kita juga akan libatkan Kontak Tani dan Nelayan Andalan yang jumlahnya mencapai ribuan sehingga pengembangan ini berjalan," katanya.

Bila nantinya kerjasama ini disepakati, maka akan dilakukan penandatangan kesepakatan antara Pemerintah Tangerang Selatan dan Kemenristek.

Untuk terlaksananya program tersebut, Mispan menambahkan bila pihaknya sudah membuat Detail Enginering Design (DED) untuk diajukan ke pusat dan direalisasikan tahun 2012 mendatang.

Untuk pembuatan DED tersebut, Mispan menuturkan, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 250 juta dengen peruntukan pembangunan fisik yang anggarannya berasal dari pemerintah pusat.

"Kita sudah buatkan DED dan dalam waktu tiga bulan akan selesai sehingga dapat terealisasi pada tahun 2012 mendatang," katanya.

Adapun ikan tawar yang akan dikembangkan, lanjut Mispan yakni ikan gurame, nila, mujair, patin, lele dan mas. Hasil dari penegembangan ini akan dipasarkan dipasar dan rumah makan yang tersebar ditujuh kecamatan.

"Dengan banyaknya rumah makan di Tangerang Selatan, maka diharapkan penjualan ikan juga akan berjalan lancar," katanya

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011