Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memastikan stok sembilan bahan pokok (sembako), seperti telur, daging sapi/ayam maupun bahan-bahan makanan lainnya di pasar tradiaional, aman selama bulan suci Ramadhan tahun ini.

Bupati Ahmed Zaki pada saat melakukan inspeksi mendadak di Pasar Tigaraksa, Tangerang, Banten, Senin melihat serta menanyakan langsung kepada pedagang di pasar tersebut. Harga-harga komoditas kebutuhan pokok, seperti daging ayam, daging sapi, beras, cabe, bawang serta kebutuhan pokok lainnya terpantau aman.

Baca juga: Kapasitas di Masjid Al-Azhom Kota Tangerang dibatasi hanya 1.000 orang

Adapun harga-harga komoditas kebutuhan bahan pokok itu relatif stabil, walaupun ada kenaikan, namun dinilainya masih dalam ukuran yang wajar dan normal.

"Ada kenaikan harga di beberapa komoditas, tapi tidak signifikan karena dipengaruhi oleh faktor mendekati bulan puasa, tetapi yang paling penting adalah ketersediaan stoknya masih aman," katanya.

Menurut dia, nanti pada saat puasa atau menjelang Lebaran atau Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Tangerang akan terus memantau komoditas harga pangan tersebut.

"Tetapi nanti kalau terjadi kenaikan harga, maka Pemerintah Kabupaten Tangerang akan melakukan operasi pasar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang Ujang Sudiartono menuturkan sampai saat ini kebutuhan pangan dan komoditas lainnya masih aman, meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, tetapi tidak signifikan.

"Kami harapkan harga-harga tersebut nantinya tidak akan mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idhul Fitri, dan apabila terjadi, Pemerintah Kabupaten Tangerang akan melakukan operasi pasar," ujarnya.

Ia menambahkan, komoditas yang mengalami kenaikan, seperti daging sapi mengalami kenaikan Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per kilogram, untuk telur ayam mengalami kenaikan Rp1.000 hingga Rp1.500.

"Kalau harga bawang dan cabai relatif aman," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021