Pandeglang (ANTARABanten) - Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, mendapat bantuan sebesar Rp1,99 miliar dari Kementerian Pertanian untuk program gerakan nasional (gernas) peningkatan produksi dan produk mutu kakao.


"Pada 2011 kita mendapat bantuan dari Kementan untuk program gernas peningkatan produksi dan produk mutu kakao," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pandeglang Widyatmoko di Pandeglang, Rabu.

Bantuan tersebut, kata dia, akan diberikan kepada para petani kakao di lima kecamatan sentra perkebunan kakao di Pandeglang, yakni Mandalawangi, Pulosari, Labuan, Panimbang dan Bojong, dengan luas areal 400 hektare (ha).

Menurut dia, ada lima kegiatan yang akan dilakukan dalam program gernas tersebut, yakni peningkatan produksi, intensifikasi, rehabilitasi dan peremajaan pohon kakao.

Bantuan yang berasal dari tugas pembatuan itu, kata dia, diberikan kepada petani yang memiliki kebun kakao, jadi tidak bisa untuk membuka perkebunan baru.

Widy juga menjelaskan, bantuan anggaran untuk kegiatan gernas peningkatan produksi dan produk mutu kakao itu baru pertama kali diterima Kabupaten Pandeglang.

Ia menjelaskan, sasaran kegiatan intensifikasi bagi tanaman kakao yang berusia kurang dari 10 tahun, rehabilitasi kurang dari 15 tahun dan peremajaan kurang dari 20 tahun.

Menurut dia,  nilai bantuan gernas yang diberikan untuk Kabupaten Pandeglang lebih kecil dari rencana awal, itu karena ada beberapa yang ditunda.

"Awalnya kita akan menerima Rp2,528 miliar dengan target luasan perkebunan yang menjadi sasaran 650 ha, namun karena ada beberapa yang ditunda berkurang menjadi Rp1,99 miliar untuk 400 ha," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011