Pemerintah Kota (Pemkot) Serang telah menerima sebanyak 3.580 vial atau 32.328 dosis vaksin COVID-19 jenis sinovac untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua bagi lansia dan petugas pelayanan publik. 

"Kemarin sekitar pukul 02.30 WIB vaksin sudah tiba 3.580 vial dosis vaksin COVID-19 jenis sinovak ke Dinkes Kota Serang," kata Sekretaris Dinkes Kota Serang, Dr Ahmad Hasanuddin di Serang, Kamis. 

Ia mengatakan dengan jumlah dosis tersebut nantinya akan diprioritaskan bagi para pelayanan publik seperti TNI/Polri, pegawai negeri sipil (PNS), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang, tenaga pendidik (Guru), Satpol PP, para jurnalis, pegawai BUMN, para pedagang pasar tradisional dan lanjut usia (lansia) masyarakat umum. 

Ia menjelaskan untuk pemberian vaksin tersebut tidak jauh berbeda dengan tahapan pertama. Yaitu, akan dilakukan secara bertahap dan terjadwal di 33 fasilitas kesehatan yang ada di Kota Serang. 

"Untuk pelaksanaanya insyaallah akan dilaksanakan pada 1 Maret 2021, jika proses vaksin nakes selesai," katanya. 

Menurut dia, salah satu yang menjadi prioritas utama pada vaksinasi tahap kedua ini adalah lansia dan para pedagang pasar tradisional. Karena selain rentan terkena COVID-19 pada sektor tersebut merupakan pusat keramaian dan sentra perekonomian. 

"Selain pelayan publik, yang menjadi prioritas adalah lansia dan pedagang. Sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat," ujarnya. 

Ia mengungkapkan untuk jumlah penerima vaksinnya sendiri, saat ini pihaknya belum bisa memastikan dikarenakan masih dalam proses pendataan. 

"Kalau penerimanya kita masih proses, tetapi kita sudah koordinasi dengan instansi terkait untuk mengirimkan data penerima," ungkapnya. 

"Kalau untuk pendaftaran penerima vaksin, mereka ini (lansia) cukup hanya membawa KTP saja ke faskes-faskes terdekat. Dan kalau nanti ada yang tidak mempunyai KTP kan dilakukan ferivikasi ulang," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Maarif

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021