Dinas Kesehatan Provinsi Banten akan memulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk lanjut usia (lansia) dari kalangan masyarakat umum pada Rabu (24/2) yang akan dimulai di wilayah Kota Serang.

"Kemarin kan sudah untuk nakes lansia. Nah besok itu pada termin satu untuk lansia dari masyarakat secara umum," kata Gubernur Banten Wahidin Halim didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti di Serang, Selasa.

Baca juga: Vaksinasi tahap kedua di Serang sasar pelayan publik, pedagang dan lansia
Baca juga: Sekda: Program BPNT Kabupaten Serang harus fokus fasilitasi KPM

Wahidin mengatakan untuk termin pertama vakinasi COVID-19 untuk kalangan lanis tersebut akan dimulai dari wilayah Kota Serang sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, bahwa vakinasi yang dimuali pada Februari 2021 ini harus dimulai dari ibukota Provinsi Banten.

"Februari ini dimulai dari Kota Serang. Setelah Februari ini selesai, bulan Maret dan selanjutnnya untuk daerah lainnya," kata Wahidin.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan pada termin satu vaksinasi lansia untuk wilayah Kota Serang. Pihaknya sudah memperoleh data dari Kota Serang ada sekitar 2.300 lansia yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19.

"Namun yang sudah daftar ulang baru 300-an. Setelah Februari ini selesai, bulan Maret nanti baru di daerah lainnya<" kata Ati.

Ati mengakui banyak lansia dari wilayah lain di Banten yang ingin cepat-cepat divaksin, tapi karena arahan dari pusatnya untuk Februari 2021 dikhususkan untuk wilayah Kota Serang.

"Kalau kemarin lansia nakes, sekarang masyarakat lansia secara umum. Pendaftarannya tetap 'online'. Nanti tetap ada proses screening di lokasi vaksin," kata Ati.

Pihaknya akan melakukan pengecekan mulai status kesehatannya sampai fisiknya juga dilakukan pengecekan. Tujuannya untuk mengetahui apakah kondisinya memungkinkan atau tidak memungkinkan untuk divaksin.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021