Cilegon (ANTARABanten) - Kasat Lantas Polres Cilegon AKP  Arian Primadanu Coli Brito menjelaskan, di wilayah itu terdapat enam titik rawan kemacetan menjelang Natal dan Tahun Baru 2011.

"Ada enam titik rawan kemacetan di wilyah Cilegon, tapi ada dua yang diawasi secara intensif dan dilakukan penanganan khusus, yakni  depan Terminal Terpadu Merak dan Ciwandan," katanya di Cilegon, Jumat.

Menurut dia, empat titik lainnya pun tetap dianggap penting, dan mendapat pengawasan dari petugas.

"Yang jelas kita lihat konsentrasi kerawanannya, kalau memang terjadi di salah satu titik rawan terjadi kemacetan parah, maka  petugas lantas langsung mengutamakan titik tersebut dengan tidak mengindahkan titik rawan lainnya," katanya.

Keempat titik rawan kemacetan itu, yakni Cilegon Supermall, Mal Ramayana, Kawasan Pondok Cilegon Indah, dan Cilegon Mandiri Plaza.   
  
"Dari  empat titik rawan  itu, sepertinya tidak begitu padat, jika dibandingkan di kawasan Merak dan Ciwandan menuju Anyer," ujarnya.

Terkait upaya mengatasi kemacetan yang saat ini sering terjadi di depan Terminal Terpdau Merak, menurut dia, akan dilakukan  pengaturan selama 24 jam dengan dibantu personel dari Dinas Perhubungan Kota Cilegon.

Pantauan  di Terminal Terpadu Merak, menunjukkan terjadi kemacetan karena masih berlanjutnya pembangunan jalan  layang yang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umu
       
Kemacetan juga, dipucu adannya lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak, menjalang perayaan Natal dan tahun baru.

"Kemacetan juga dipucu adanya peningkatan  volume kendaraan sebesar hampir 100 persen yang akan menyeberang ke Bakauheni dalam beberapa hari terakhir ini," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010