Jakarta (ANTARA News) - Rotary, salah satu organisasi pelayanan kemanusiaan terbesar di dunia, telah membagikan 400 shelter box berupa tenda dan peralatan penting lainnya, serta masih akan bertambah hingga mencapai 1.000 shelter box bagi pengungsi korban tsunami dan Gunung Merapi.

Anggota Rotary Club Bali Kuta Aloysius Purwa di Jakarta, Rabu, menujelaskan bantuan itu telah didistribusikan bagi korban tsunami Mantawai Provinsi Sumatera Barat, dan letusan Gunung Merapi yang mengungsi di Yogyakarta.

"Shelter Box dapat dipergunakan keluarga besar yang beranggotakan 10 orang, di dalamnya sudah dilengkapi dengan peralatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari," kata Purwa.

Pengadaan shelter box sendiri merupakan upaya tanggap darurat, selanjutnya Rotary (www.rotary.org) merencanakan menghimpun dana untuk tahap rekonstruksi dan rehabilitasi.

Rotary, kata Purwa, tengah menggalang dana bagi daerah tertimpa bencana di Indonesia serta mendistribusikan bantuan ke tempat-tempat pengungsian di lokasi korban Tsunami yang baru-baru ini melanda Kepulauan Mentawai di Sumatra serta lokasi pengungsi korban letusan Gunung Merapi di Jawa Tengah.

"Tim kami juga telah terjun di lokasi bencana bekerja siang dan malam dalam membagikan kebutuhan pokok seperti makanan, minuman, air, obat-obatan dan masker yang merupakan bantuan awal kepada para pengungsi di lokasi bencana," ujarnya.

Sebagai bagian integral dari masyarakat di lebih dari 200 negara dan wilayah geografis, termasuk 89 klub dan 1.575 anggota di Indonesia, pengalaman dan pengetahuan Rotary Club lokal sangat penting dalam memastikan bahwa sumber daya digunakan untuk proyek-proyek dan program-program yang membahas kebutuhan komunitas itu.

"Anggota Rotary Club dari Jakarta membantu pemerintah untuk berkomunikasi dengan Tim Tanggap ShelterBox, sehingga tim dapat memberikan kotak tepat waktu dan efisien." tambahnya.

Sebagai tanggapan terhadap bencana alam di Indonesia, Rotary Club Indonesia telah mendirikan "Disaster Relief Fund" untuk mendukung bantuan kemanusiaan secara cepat.

Sumbangan dapat ditujukan kepada "Disaster Relief Fund" atau dana bantuan bencana di Bank Mandiri Cabang Pondok Pinang, Jakarta, yang dapat dilakukan dengan cara transfer.

"Rotary Club di wilayah ini, yang di dalamnya termasuk Brunei, Malaysia, dan Singapura juga telah membentuk Komite Penanggulangan Bencana untuk mengumpulkan dana guna membantu masyarakat yang terkena bencana serupa," katanya.

Untuk mendukung pemulihan jangka panjang dan upaya pembangunan kembali di daerah bencana, klub Rotary telah membentuk Rotary Aids Merapi 2010 pendanaan melalui Bank Central Asia. Sumbangan dapat dikirim langsung, atau melalui klub-klub Rotary di daerah Yogyakarta.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010