Tangerang (ANTARA Banten) - Para penyapu jalan dan petugas pengangkut sampah di Kota Tangerang, Banten, merupakan garda terdepan dalam meraih Piala Adipura Tahun 2010 bagi daerah ini.

"Tugas pembersih jalan maupun petugas mengangkut sampah merupakan pekerjaan mulia dan garda terdepan dalam meraih Adipura," kata Wali Kota Tangerang H. Wahidin Halim, Senin.

Halim mengatakan masalah tersebut di hadapan sekitar 1.200 petugas penyapu jalan di wilayah ini diantaranya adalah bekas penyandang penyakit kusta yang berkerja membersihkan jalan utama di daerah ini.

Pihaknya memberikan penghargaan khusus kepada penyapu jalan serta petugas kebersihan karena telah mengerahkan seluruh tenaga untuk keindahan kota.

Menurut dia, tanpa kerja keras semua komponen masyarakat, maka Kota Tangerang tak mungkin berhasil meraih Piala Adipura pada tahun ini.

Dia mengatakan bahwa simbol dalam meraih piala Adipura dapat dijadikan pijakan dan motivasi ke depan untuk selalu meningkatkan kinerja dalam menciptakan Kota Tangerang yang nyaman, bersih dan hijau, sehinga bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Tahun ini Kota Tangerang berhasil meraih penghargaan Piala Adipura dengan masuk peringkat kelima untuk katagori Kota Metropolitan.

Piala Adipura serupa juga pernah diraih Kota Tangerang selama tiga tahun berturut-turut, terakhir pada 1994/1995.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengeluarkan dana sebesar Rp21 miliar untuk menata lingkungan agar wilayah ini dapat meraih Piala Adipura yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2010.

Menurut dia, bahwa langkah yang akan dilakukan Pemkot Tangerang untuk mendapatkan Adipura dengan menciptakan kebersihan sebagai gaya hidup masyarakat.

Dia menambahkan bahwa dana tersebut untuk menata lingkungan berupa penambahan lahan terbuka hijau di berbagai titik di seluruh wilayah Kota Tangerang secara merata.

Demikian pula dilakukan perbaikan sarana maupun prasarana penunjang untuk penghijauan sebagai paru-paru kota.

Bahkan anggaran itu juga digunakan untuk melakukan normalilasi sungai yang ada dan disisinya ditanami aneka pohon pelindung. (*)
 
Pemkot Tangerang juga mengeluarkan dana untuk membersihkan sejumlah gorong-gorong yang selama ini tertimbun sampah sehingga air tidak mengalir dengan lancar.

Dia mengatakan, dana itu juga untuk membebaskan lahan seluas 32 hektar di Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari untuk pelebaran tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

Pelebaran TPA itu juga akan didukung dengan pembuatan taman kota, serta sarana rekreasi bagi warga setempat yang letaknya berdekatan dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, demikian Wahidin Halim.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010