Pemerintah Kota Tangerang akan membentuk pusat pembibitan di setiap Kecamatan dan Kelurahan dengan memberdayakan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang Selasa mengatakan, pembuatan pembibitan akan menggunakan kantor - kantor Kecamatan/Kelurahan.

Hasil dari proses pembibitan tersebut nantinya akan disebarkan ke rumah - rumah warga untuk dikembangkan kembali dalam program ketahanan pangan.

"Kita akan gunakan kantor-kantor kecamatan dan kelurahan untuk menjadi pusat pembibitan dengan memberdayakan para Kelompok Wanita Tani (KWT) kemudian akan disebarkan ke rumah-rumah warga untuk dikembangkan kembali," katanya.

Wali Kota berharap, dengan adanya program tersebut maka masyarakat akan didorong secara mandiri untuk menghasilkan pangan sederhana seperti sayur - mayur.

Hal tersebut nantinya akan membantu warga dalam memenuh kebutuhan pangan dimasa pandemi melalui pemanfaatan lahan yang ada.

Arief melanjutkan, Pemkot Tangerang saat ini juga sedang mengembangkan program atau konsep Permakultur dan Hortikultura yang diharapkan mampu membantu kebutuhan pangan masyarakat.

Konsep ini serupa dengan pertanian terpadu dan organik, namun memberi penekanan pada desain, perencanaan pertanian dan integrasinya dengan implementasi berupa praktek pertanian. 

"Karena di Kota Tangerang ada kampung tematik maka warga bisa memenuhi kebutuhan sayuran mandiri bahkan menjualnya," ujarnya.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020