Guna meningkatkan perekonomian warga di tengah pandemi COVID-19, Kelurahan Sepang siap kembangkan usaha mikro kecil dan menengah UMKM dari produk unggulan berbasis kuliner.

"Jadi kita kedepan kalau sudah kembali normal dari pandemi COVID-19 ini rencananya akan mengembangkan UMKM kuliner. Kebetulan di kelurahan Sepang ada produk unggulan yaitu rabeg kambing, emping melinjo, sate bandeng, bakakak ayam dan getuk," kata Kepala Kelurahan Sepang, Heruji saat dikonfirmasi di Serang, Kamis.

Heruji mengatakan, selain upaya meningkatkan perekonomian warga di kelurahan Sepang, juga dirinya ingin memiliki produk unggulan yang siap bersaing di tengah berbagai situasi, tak terkecuali ditengah masa sulit.

"Nanti warga pun dikeseharianya tida hanya ngobrol-ngobrol saja dengan tetangga, akan tetapi diharapkan nantinya bisa menghasilkan produk unggulan," katanya.

Namun, menurut Heruji, sejauh ini program yang digagasnya tersebut belum bisa terealisasi dikarenakan terhalang oleh pandemi COVID-19 yang merabak di tanah air.

"Karena memang dari sebelum pandemi ini kita sudah memenej dan sudah kita anggarkan untuk pelatihanya, cuma memang kita belum bisa mulai karna pandemi ini," ucapnya.

Ia mengungkapkan, untuk kedepan pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap kelopok UMKM di kelurahan Sepang serta bekerjasama dengan pihak terkait, agar nantinya memiliki produk unggulan yang bisa dipasarkan secara mandiri.

"Jadi kedepan kita akan melaksanakan dan proritaskan, makanya nanti sebelum muali produksi itu kita akan melakukan pembinaan dan kita juga akan kerjasama dengan pihak terkait," ungkapnya.

Ia juga berharap, kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dapat bekerjasama atau membantu dalam pengembangan UMKM tersebut, sehingga untuk kedepanya warga di kelurahan Sepang bisa mendukung dan meningkatkan perekonomian daerah.

"Kami berharap Pemkot Serang bisa mendukung program ini, dan mudah-mudahan bisa kita laksanakan dan mohon untuk kerjasamanya," kata Heruji.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020