Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tangerang, Herman Suwarman bersama dengan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Tangerang memanen sayuran organik berjenis pakchoi di Tangerang, Jumat.

Herman mengatakan sayuran pakchoi ditanam menggunakan metode hidroponik dengan memanfaatkan area terbuka yang ada di pusat pemerintahan Kota Tangerang.

Menurutnya, kegiatan ini sekaligus memberikan contoh kepada pegawai pemkot setempat untuk pemanfaatan lahan terbatas di tempat tinggalnya

"Karena tidak butuh lahan yang besar kalau hidroponik. Waktu tanam hingga panen dari tanaman ini juga singkat, hanya 20 hari sudah bisa panen," katanya.

Sekda menambahkan pemanfaatan lahan dengan menanam tanaman organik menggunakan metode hidroponik telah diterapkan di sejumlah Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kota Tangerang. "Total ada 48 KWT yang tersebar di 13 kecamatan Kota Tangerang," ungkap Herman.

Ia mengharapkan agar pemanfaatan lahan dengan menaman tanaman organik bisa diikuti pula oleh masyarakat luas dan tidak terbatas hanya di KWT saja.

"Selain lebih sehat, juga bisa menghemat biaya pengeluaran belanja sayur-sayuran," tambahnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020