Bupati Pandeglang Irna Narulita menyatakan tingkat daya saing merupakan salah satu parameter dalam konsep pembangunan berkelanjutan. Semakin tinggi tingkat daya saing suatu daerah, maka tingkat kesejahteraan masyarakatpun semakin tinggi. 

"Tetapi kita belum dapat mengukur sejauh mana kapasitas daya saing kita. Oleh karena itu forum ini adalah moment yang tepat untuk mempersiapkan pengukuran indeks daya saing Daerah Kabupaten Pandeglang," kata Irna saat membuka Forum Inovasi Daerah untuk Bimbingan Teknis Pengisian Indeks Daya Saing Daerah ( IDSD ) yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang di Oproom Sekretariat Daerah Pandeglang, Kamis.

Bupati Irna mengungkapkan, era globalisasi yang kian mendera dewasa ini, akan sangat berpengaruh pada tingkat daya saing antar suatu negara, wilayah bahkan di daerah, “Hal tersebut akan sangat menentukan posisi tawar masing-masing daerah dalam kancah persaingan global yang semakin ketat," katanya.

Sementara Kepala Bappeda Pandeglang, Utuy Setiadi  mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2014 tentang peningkatan daya saing nasional, dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Walaupun Instruksi Presiden itu telah ada cukup lama, akan tetapi pengukuran indeks daya daerah masih merupakan hal yang baru," katanya.

Melalui forum ini kata Utuy, selain diharapkan dapat memahami mekanisme atau tata cara pengisianya, juga dapat mempersiapkan kelengkapan-kelengkapan yang dirasa masih kurang.

“Sehingga pada saat penilaian Anugrah Iptek Budhipraja pada tahun 2020, kita sudah bisa mempersiapkan dengan lebih baik," ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber Danang R Handoko, Kepala seksi Sistem Informasi Inovasi Direktorat Jendral Penguatan Inovasi Kementrian Riset dan Teknologi, dan Dewirina Zulfianita analisis iptek Direktorat Jendral Penguatan Inovasi kementrian Riset dan Teknologi, serta perwakilan seluruh OPD dan Kecamatan, Insan Perguruan Tinggi, dan Anggota Kadin.
 
                                                                                                                          Peserta Bimtek saat mendengar arahan dari Bupati Pandeglang (Deni Setiadi)

Pewarta: Deni Setiadi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019