Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta kepada seluruh masyarakat dari jajaran dinas kesehatan hingga ke pemerintah desa senantiasa menjaga lingkungan dan kesehatan serta memaksimalkan kampanye perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).   

Menurut Tatu, ajakan secara masif dilakukan agar masyarakat semakin sadar bahwa kesehatan dimulai dari perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS. 

“Jangan bosan disampaikan tentang perilaku hidup bersih dan sehat, supaya capaian pelayanan kesehatan dimulainya dari masyarakat sendiri,“ kata Tatu usai membuka kegiatan Bakti Sosial yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) di Desa Parigi, Kecamatan Cikande Kabupaten Serang, Senin. 

Ia berkomitmen, Pemkab Serang akan terus mengawal agar seluruh warga bisa melakukan PHBS secara rutin dan bisa menjaga kesehatan keluarga serta lingkungannya.

“Jadi dengan masyarakat sadar tentang kesehatan mereka sendiri, pola hidup sehat mereka sendiri ini yang terus digaungkan oleh pemerintah daerah sampai ke tingkat desa,” tegasnya. 

Dalam Kegiatan tersebut, diadakan juga  khitanan massal dengan melibatkan  60 anak kurang mampu, pengobatan gratis, dan pembagian sembako gratis sebanyak 520 paket untuk masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi.

“Seperti kegiatan saat ini, masyarakat terlihat antusias untuk berobat gratis, dan memang kegiatan ini ditunggu oleh masyarakat,” kata Tatu. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Sri Nurhayati mengatakan, bakti sosial dalam rangka Hari Kesehatan Nasional yang ke 55 Tahun jatuh pada 12 November rutin dilaksanakan. Sedangkan untuk HKN tahun 2019 yang bertemakan ‘Generasi sehat Indoensia unggul’ dirangkaikan dengan baksos dan pemeriksaan untuk pencegahan penyakit tidak menular pada kelompok tertentu. 

“Pemeriksaan penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabet, penyakit gula atau kencing manis yang paling banyak dialami. Penyebabnya,  banyak faktor diantaranya pola makan, buruknya PHBS merupakan faktor paling utama,” ujarnya.
 
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memantau proses pengobatan gratis pada acara Bakti Sosial di Desa Parigi, Kecamatan Cikande Kabupaten Serang, Senin. (Foto : Istimewa)

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019