Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengatakan jalan tol Serang-Panimbang yang dibangun Presiden Joko Widodo atau Jokowi dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kita yakin jalan tol Serang-Panimbang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Ade Sumardi saat malam resepsi Dirgahayu HUT Kemerdekaan ke-74 di Lebak, Minggu.

Pembangunan jalan tol tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Lebak, karena dapat menunjang kemudahan dan kelancaran akses lalu lintas.

Pergerakan ekonomi daerah juga begitu cepat jika jalan tol Serang-Panimbang dioperasikan.

Pemerintah daerah mengembangkan visi destinasi wisata guna menggali potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, pembangunan jalan tol akan memudahkan wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Lebak.

Sebab, akses jalan tol Serang-Panimbang bisa memperpendek waktu yang awalnya dari Jakarta ke Lebak selama lima jam. Namun, melalui jalan tol tersebut bisa ditempuh selama 1,5 jam Jakarta-Lebak.

"Kami yakin jalan tol itu dipastikan wisatawan akan mengunjungi destinasi wisata Lebak,sehingga bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat melalui aneka usaha kerajinan maupun kuliner," katanya menjelaskan.

Menurut dia, selain pembangunan jalan tol juga jalur rel ganda (double treck) Stasiun Rangkasbitung-Tanahabang.

Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mengoperasikan Commuterline.

Kemungkinan satu tahun ke depan dipastikan ribuan warga DKI Jakarta akan tinggal di wilayah Kabupaten Lebak dengan berkembangnya devoloper pembangunan rumah.

Di antaranya di kawasan Maja sudah dibangun ribuan unit rumah oleh sejumlah pengembang nasional.

"Kita yakin dengan berkembangnya Lebak itu dipastikan kerajinan makanan tradisional, seperti makanan opak dan ranginang laku keras," katanya menjelaskan.

Ia mengajak masyarakat Kabupaten Lebak berkarya dan berinovatif untuk menghadapi kemajuan perkembangan daerah.

Selain itu juga persiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul agar masyarakat Kabupaten Lebak tidak menjadi penonton.

Peningkatan SDM unggul dipastikan tenaga kerja lokal akan dibutuhkan pembangunan daerah tersebut.

"Kita optimistis Lebak ke depan akan mengalami kemajuan pesat," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019