Menjelang Hari Raya Idul Adha dan akibat kemarau harga cabai  rawit merah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melangit, dan membuat warga setempat menjerit.

Pantauan wartawan, Kamis, di Pasar Ciputat menunjukkan harga komoditas jenis cabe mengalami kenaikan signifikan. Harga cabai merah mencapai angka tertinggi Rp90 ribu per kilogram

Nuhaiti (32), warga Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur, mengaku harus mengakali sajian sambal diwarungnya. Ibu tiga anak itu, bahkan membeli cabai dengan cara eceran.

"Saya masih butuh cabai untuk sambel, tapi sekarang belinya eceran dan untuk sajian sambel kita akalin. Tidak seperti dulu kalau beli pasti satu kilo, apalagi sekarang sekilonya sampai Rp90 ribu/Kg," terang Nuhaiti saat dijumpai wartawan di Pasar Ciputat.

Dengan adanya kenaikan harga cabai tersebut, pedagang terpaksa mengoplos cabe rawit merah dan hijau agar harga dapat dijangkau oleh pembeli.

Salah satunya, pengoplosan cabai itu dilakukan oleh Sumiyati (53). Pedagang di Blok I lantai dasar Pasar Ciputat, itu mengaku mengoplos cabai rawit merah dengan hijau agar pelanggannya tidak meninggalkan lapak dagangannya.

Sumiyati mengatakan, membeli cabai rawit merah dari tengkjulak  Rp80 ribu/Kg, dari harga itu dijual kepada pelanggan mencapai Rp90 ribu/Kg. Sementara harga cabai rawit hijau Rp70 ribu/Kg.

Sumiyati mengaku mengoplos cabai rawit merah dan cabai rawit hijau agar dagangan dilapaknya didatangi pembeli. Harga cabai rawit oplosan dijual dengan harga Rp40 ribu/Kg.

"Saya harus cari cara agar tidak ditinggal pembeli, ya ini oplos cabai rawit merah dan hijau. Ini saya jual kepada pembeli Rp40 ribu/Kg.  Kalau harga cabai rawit merah saya juga Rp90 ribu/Kg, cabai rawit hijau Rp70 ribu/Kg," jelas Sumiyati.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Tangerang Selatan, Nur Slamet menjelaskan, kenaikan harga cabai rawit di pasaran lantaran adanya beberapa faktor.

"Kenaikan itu akibat musim kemarau panjang dan gagal panen. Akibatnya stock pasokan dari daerah berkurang, ditambah menjelang Idul adha," jelas Nur Selamat.

Berdasarkan informasi, sebelumnya harga cabai di Pasar Ciputat pada kisaran Rp20 ribu- Rp 25 ribu/Kb, cabai merah keriting Rp30 ribu/Kh dan cabai rawit hijau Rp25 ribu/Kg.

Pewarta: Deden M Rojani

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019