Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengoptimalkan pelayanan kesehatan masyarakat di luar ruang melalui Program Sapa Sehat yang meliputi aktivitas fisik, berupa senam bersama dan penyuluhan kesehatan.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Liza Puspadewi di Tangerang, Rabu, mengatakan Program Sapa Sehat Dinkes Kota Tangerang masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik bersama dua program lainnya dari daerah itu, yaitu Cageur Jasa dan Perizinan Terintegrasi Online 123.

"Sapa Sehat dilaksanakan seminggu sekali, setiap hari Jumat oleh puskesmas yang bekerja sama dengan kader kesehatan dan posyandu," ujarnya.

Dia menjelaskan permasalahan kesehatan di suatu wilayah setempat dapat diketahui melalui Program Sapa Sehat yang di dalamnya terdapat pemeriksaan kesehatan.

Oleh karena itu, kata dia, edukasi kesehatan pun diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, seperti halnya senam bersama.

Baca juga: Tiga layanan Kota Tangerang masuk nominator top 99

"Edukasi yang diberikan bertujuan mendorong masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat," ujarnya.

Layanan kesehatan lainnya yang masuk nomine inovasi layanan publik Top 99 adalah program layanan kesehatan Colaborasi Kunjungan Rumah Integrasi Keluarga Sehat (Cageur Jasa).

Program tersebut,  katanya, berpeluang masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik setelah ditetapkan dalam Top 99 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Cageur Jasa diluncurkan Dinas Kesehatan pada 2017 dan dilaksanakan di 36 puskesmas. Layanan itu merupakan pengembangan dari dua program, yakni Usaha Kesehatan Perorangan (UKP) dan Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM).

Sistem kerja layanan Cageur Jasa, kata dia, petugas merupakan dokter dan perawat dari puskesmas. Mereka melakukan kunjungan ke rumah warga dengan menggunakan sepeda motor yang disediakan.

Ia menjelaskan petugas akan memberikan layanan pemeriksaan dan edukasi kesehatan kepada masyarakat yang dikunjungi.

"Jika ada warga perlu dirujuk maka dibantu dengan dibawa menggunakan mobil ambulans," ujar dia.

Baca juga: Daftar ulang PPDB Kota Tangerang berlangsung tertib

Baca juga: Dinkes Tangerang gelar program "Sikumbang" Balita di Puskesmas
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019