Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengadakan program Simulasi Tumbuh Kembang (Sikumbang) Balita di Puskesmas bertujuan untuk melihat perkembangan kesehatan bayi di bawah lima tahun (Balita) di setiap wilayah, .

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang yakni dr Liza Puspadewi di Tangerang, Senin (8/7)  menuturkan, pemeriksaan kesehatan dilakukan kepada balita berusia 5 tahun.

Adapun yang diamati adalah pergerakan dan keaktifan balita tersebut. Sehingga dapat diketahui perilaku dan sifat balita ketika dewasa nanti.

"Jadi, kesehatannya sudah kita periksa dan amati. Jika perlu ada penanganan maka oleh petugas akan diambil tindakan. Harapannya agar balita tumbuh secara baik dan sehat," ujarnya.

Sementara itu, Puskesmas yang menjadi lokasi penerapan program ini adalah Puskesmas Panunggangan Barat,  Manis Jaya,  Paninggilan,  Batuceper,  Ciledug dan Puskesmas Larangan.

Baca juga: Disbudpar Kota Tangerang gencarkan promosi wisata ke luar daerah

Dinas Kesehatan pun saat ini terus mengoptimalkan program layanan kesehatan Colaborasi Kunjungan Rumah Integrasi Keluarga Sehat (Cageur Jasa). Program tersebut, berpeluang masuk Top 45 Inovasi Publik setelah ditetapkan dalam Top 99 Inovasi Publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Cageur Jasa diluncurkan Dinas Kesehatan pada tahun 2017 dan dilaksanakan di 36 Puskesmas. Layanan ini merupakan pengembangan dari dua program yakni Usaha Kesehatan Perorangan (UKP) dan Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM).

Adapun jenis penyakit yang diperiksa mulai dari yang ringan hingga terserang Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

Sistem kerja layanan Cageur Jasa adalah, petugas merupakan dokter dan perawat dari Puskesmas dan melakukan kunjungan ke rumah menggunakan sepeda motor yang disediakan.

Petugas akan memberikan layanan pemeriksaan dan edukasi kesehatan kepada masyarakat yang dikunjungi. Jika ada warga perlu dirujuk maka dibantu dengan dibawa menggunakan mobil ambulance.

Baca juga: Kelurahan Manis Jaya wakil Kota Tangerang lomba P2WKSS provinsi

Baca juga: Kota Tangerang buka layanan perekaman KTP elektronik di pusat belanja

Baca juga: Layanan perizinan daring kota Tangerang masuk inovasi top 99

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019