Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang terus mengoptimalkan gerakan Sapa Sehat yang dilakukan secara serentak di 36 Puskesmas dengan kegiatan diantaranya olahraga bersama.

Kepala Puskesmas Pasar Baru, dr. Melawati di Tangerang Sabtu, mengatakan Sapa Sehat adalah program untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Menurutnya, Sapa Sehat dilaksanakan setiap hari Jumat di 36 Puskesmas secara serentak yang tersebar di 13 kecamatan.

Baca juga: Dinkes Lebak ajak warga bantu pemberantasan sarang nyamuk

“Upaya itu guna mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat melalui olahraga bersama, cek kesehatan serta pemberian asupan sehat,” ujarnya.

Ia menyebuttkan, program Senam Sapa Sehat yakni bentuk pengabdian untuk mewujudkan masyarakat Kota Tangerang yang sehat serta meningkatkan kualitas hidup mereka.

Ada dua jenis senam Sapa Sehat yang diperkenalkan oleh Dinkes Kota Tangerang yakni senam Maumere dan Cerdik.

Cerdik merupakan kepanjangan dari Cek Kesehatan, Rajin Olahraga, Diet Seimbang, Istirahat yang Cukup, Hindari Asap Rokok, dan Kelola Stres dengan baik.

Ia mengatakan sehat itu tidak mahal dan sehat itu murah. Maka Dinkes terus membiasakan perilaku masyarakat tersebut untuk mau hidup sehat.

“Sapa Sehat ini dilakukan satu minggu sekali, setiap Jumat. Sapa Sehat, kolaborasi dengan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dan Puskesmas keliling,” ujarnya.

Baca juga: Dinkes Tangerang prediksi penderita diabetes dua persen

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019