Rumah bibit RW 04, Kelurahan Larangan Selatan di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang mewakili Provinsi Banten pada penilaian halaman asri teratur indah dan nyaman PKK Tingkat Nasional.

Ketua PKK Kota Tangerang yakni Aini Suci Wismansyah di Tangerang, Senin menuturkan, timnya telah mempersiapkan indikator penilaian dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai media tanam sayuran hingga obat-obatan.

“Kota Tangerang bersaing dengan enam kota lainnya. Perlombaan cuma kompetisi, yang penting itu mendorong masyarakat agar bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam,” ujar Aini.

Wakil Wali Kota Tangerang, H. Sachrudin, mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat meningkatkan pemanfaatan lahan sekitar untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Pemerintah Kota Tangerang, katanya, telah membuat program Tangerang Berkebun yang mendorong kreatifitas warga dalam memanfaatkan perkarangan untuk bercocok tanam.

Program ini pun didukung dengan adanya Kampung tematik yang telah merubah penataan kota dari yang tak terawat menjadi lebih asri dan nyaman sebagai hunian tempat tinggal.

Oleh karena itu, dengan adanya penilaian tingkat Nasional di Kota Tangerang, diharapkan dapat memotivasi wilayah lainnya untuk menata lingkungan menjadi lebih baik.

Kemudian, bagi yang sudah ditata agar dirawat sebab perawatan akan lebih sulit dibandingkan untuk membuatnya dari awal. "Jangan sampai saat ini saja tetapi terus dikembangkan," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019