Pemerintah kota (Pemkot) Serang optimistis program penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH) tepat sasaran menuju masyarakat mandiri bisa tercapai, yang merupakan salah satu program pemerintah mengenai pemberian bantuan sosial kepada masyarakat miskin.

"Saya yakin dana PKH ini bisa tepat sasaran dan dimanfaatkan oleh penerima sesuai ketentuan," kata Wakil Wali Kota Serang, Subadri Ushuludin dalam sosialisasi penyaluran program keluarga harapan tepat sasaran menuju masyarakat mandiri, di Serang, Kamis.

Subadri mengatakan tujuan awal dari program PKH tersebut adalah untuk mengurangi tingkat kemiskinan yang ada di kota Serang. Agar program tersebut tepat sasaran, maka perlu dilakukan sosialisasi oleh dinas terkait.

Ia sangat mengapresiasi sosialisasi terkait penyaluran dana PKH tersebut. Subadri juga berharap dengan adanya sosialisasi tersebut, dapat menciptakan sinergitas antar OPD di Pemkot Serang yang mempunyai kewenangan dalam penyaluran PKH.

"Kita berharap supaya dana tersebut bisa tepat sasaran dan optimis bisa terlaksana dengan baik," katanya.

Subadri menjelaskan bahwa, dana PKH itu dimulai pada 2007 dan terdapat tahapan-tahapan seperti pendataan, sosialisasi dan survei.

Adapun masyarakat kota Serang yang menerima bantuan dana PHK yaitu sebanyak 9.600 orang, dengan nominal bantuan yang diterima bervariasi mulai dari Rp1 juta sampai Rp7 juta tergantung dari sisi kebutuhan pokok, kesehatan, pendidikan dan persyaratan lainnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Sosial Kota Serang,  Dinar Tricahyani mengharapkan dengan adanya bantuan dana PKH ini bisa membantu masyarakat dalam menikmati akses, terutama pendidikan dan kesehatan keluarga sasaran penerima bantuan. Untuk pencairan dana bantuan tahap pertama sudah disalurkan, sedangkan untuk tahap kedua cair pada awal April 2019.

" Penerima dana PKH di kota Serang pada 2019 dengan tahun sebelumnya jumlahnya tetap sama," katanya.

Dinar menjelaskan kriteria penerima PHK yakni khusus ibu hamil, ibu menyusui serta ibu yang mempunyai anak sekolah, serta tidak bisa sembarangan orang yang boleh menerima dana bantuan program nasional tersebut.

"Kami berharap dengan sosialisasi ini masyarakat bisa mengetahui informasi bagaimana tentang dana PKH dan apa saja kriterianya," katanya,

Pewarta: Nina Kurniati

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019