Bandung, (Antaranews Banten) - Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) naik peringkat berdasarkan hasil evaluasi penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

"Kita terus meningkatkan kinerja kerja juga bekerja secara profesional untuk melayani masyarakat" kata  Irna Narulita saat menerima penyerahan SAKIP  bertempat di "Ttrans Convention Center TCC"  Bandung, Senin (28/1).

Keberhasilan naik peringkat laporan SAKIP itu pada 2016 mendapatkan penilaian predikat CC dan tahun 2017 naik menjadi B.   Selanjutnya, tahun 2018 terjadi kenaikan predikat menjadi BB. 

Pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada Kemenpan RB yang membimbing laporan SAKIP.

Dimana SAKIP itu guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui program pemerintah daerah untuk mendukung pembangunan.

Selain itu juga mewujudkan pemerintahan yang bersih dari korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) dan transaparansi.

Selama ini, capaian hasil kinerja dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pandeglang cukup baik dalam melaksanakan pembangunan.

Mereka memiliki visi yang sama agar pelaksanaan program pemerintahan terus membaik, sehingga SAKIP merupakan kewajiban.

Sebab, laporan SAKIP juga harus baik sehingga meraih predikat dari masyarakat dalam memberikan pelayanan terbaik.

"Saya kira keberhasilan SAKIP itu adanya peningkatan penyelenggaraan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan sesuai perencanaan dan penganggaran," katanya menambahkan.

Menurut Bupati,  SAKIP memberikan dampak terhadap efisiensi anggaran, karena terintegrasi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan evaluasi diantaranya melalui proses "Cascading,".

Kurang lebih ada 150 program kegiatan yang berhasil dipangkas dalam rangka optimalisasi anggaran, sehingga dapat menghemat anggaran 40 miliar.

Penyerahan laporan SAKIP diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Komjen Pol Safruddin. 

Dalam sambutannya, ia berpesan, seluruh kepala daerah baik gubernur, bupati dan wali kota terus bekerja keras, inovatif, kreatif dalam melaksanakan program kerja pemerintah sesuai harapan masyarakat.

Laporan SAKIP dapat menghemat anggaran, karena e-planning dan e-budgeting sudah terintegrasi juga SAKIP menyederhanakan laporan dan pertanggung jawaban pemerintah daerah.     

"Kami optimistis lima tahun kedepan SAKIP Provinsi dan Kabupaten serta Kota memiliki predikat A, karena setiap tahun semakin meningkat," ujarnya.***3***

 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019