Tangerang (Antaranews Banten) - Bidang pertamanan Kota Tangerang mengerahkan 25 petugas untuk membantu membersihkan dan mengangkat gulma dan tanaman liar di Kali Cantiga Puri Beta yang tersumbat dan menjadi penyebab banjir.
   
Kepala Bidang Pertamanan Kota Tangerang, Tihar Sopian di Tangerang Senin mengatakan, petugas yang diterjunkan terdiri dari 15 orang bagian pemeliharaan taman dan juga 10 orang bagian penebang pohon.
   
Karena di lokasi pohonnya sangat tinggi dan sudah lebat maka petugas pun dibantu dengan mobil yang mampu menjangkau ketinggian.
   
Dijelaskannya, aliran di Kali Cantiga penuh dengan gulma dan tanaman liar sehingga perlu dilakukan pembersihan.
   
"Ini yang menjadi penyebab luapan dari kali Cantiga. Maka itu kita bersihkan saat ini dan juga sebagai tindak lanjut hasil sidak Walikota Arief akhir pekan lalu," ujarnya.
   
Tihar menambahkan, pembersihan tanaman liar di kali dan sungai yang menjadi penyebab banjir akan dilakukan terus kedepannya.
   
Selain itu, Pemkot Tangerang pun mengajak warga untuk menjaga lingkungan dan tak membuang sampah sembarangan.
   
"Sumbatan lainnya adalah karena sampah dan perlu adanya kerjasama dengan warga untuk tak membuang sampah secara sembarangan," ujarnya.
   
Pada akhir pekan lalu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melakukan sidak ke wilayah Timur Kota Tangerang. Pemantauan dilakukan dengan melihat aliran di beberapa kali diantaranya Kali Cantiga.
   
Sumbatan yang menjadi penyebab luapan pun segera ditindak lanjuti dengan memberikan pertintah kepada dinas terkait seperti Disbudpar, Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019