Serang (Antaranews Banten) - Pemerintah Kabupaten Serang Provinsi Banten memberikan penghargaan kepada lima desa yang telah berhasil dalam bidang kesehatan.
 
Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Serang.                                                          

 "Ini merupakan apresiasi kami kepada para kepala desa yang telah berhasil dalam bidang kesehatan," kata Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa pada acara penguatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Serang, Senin.

Pandji mengatakan, Pemkab Serang melalui Dinas Kesehatan berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana melaksanakan  pola hidup sehat yang salah satunya adalah dengan menjalankan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS -PK).

"Tugas kita hanya memberitahukan kepada masyarakat tentang pola hidup sehat, adapun berhasil atau tidaknya ya bergantung kepada msyarakat itu sendiri , sebesar apapun angaran yang dikeluarkan oleh pemkab, kalau masyarakatnya tidak bisa dan
tidak mau merubah ya tidak akan berhasil,apalagi kalau hanya mengandal bantuan terus menerus,"  katanya.

 Pandji berharap, masyarakat harus bisa membangun dirinya, memperbaiki dirinya, dan memperbaiki lingkungannya dengan cara swadaya.

Kabupaten Serang saat ini sudah mulai melakukan pembenahan-penbenahan antara lain pembenahan pendidikan, pesantren adalah untuk  membangun intelektualitas yang baik. Kita harapakan kabupaten ini disamping  membangun intelektulitas yang baik juga didukung dengan akhlak yang baik,dengan karakter yang baik sertammental yang baik," katanya.

Selain itu menurut Pandji, masyarakat harus bisa membangun diri sendiri secara swadaya,suakelola, agar tidak semua pembangunan kesehatan menjadi beban pemerintah.

"Minimal gerakan-gerakan masyarakat ini mulai nampak, semua yang hadir disini adalah kader-kadernya, kita harapkan virus germas ini bisa disebarkan kepada masyarakat yang ada," katanya.
 
Kelima desa yang mendapat penghargaan tersebut diantaranya Desa Ciherang Kecamatan Gunung Sari, meraih penghargaan dengan predikat desa siaga aktif mandiri, Desa Bojong Nangka Kecamatan Petir dengan predikat desa siaga aktif madya,dan desa lainya dari dua kecamatan.      

 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018