Tangerang (Antaranews Banten) - Kecamatan Cipondoh menerima penghargaan sebagai perkantoran sehat oleh Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) dan berhak mewakili Kota Tangerang untuk penilaian tingkat Propinsi Banten. 
   
Apresiasi diberikan saat pelaksanaan Summit/Seminar Kabupaten-Kota Sehat oleh Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah disaksikan delegasi Forum Kota sehat dari berbagai daerah di Indonesia, pada 4 November 2018 di Hotel Novotel Tangerang.
   
Camat Cipondoh, Kiki Wibhawa di Tangerang, Rabu, mengatakan diraihnya penghargaan sebagai Kecamatan sehat merupakan upaya pihaknya bersama jajaran dalam memenuhi syarat sebagai kantor kecamatan sehat. 
   
Menurutnya perkantoran pemerintah yang sehat diwujudkan tak hanya dari kebersihan secara fisik namun perilaku bersih dan sehat serta kedisiplinan dari jajaran Aparatur Kecamatan Cipondoh.
   
"Masyarakat yang sehat didukung dengan kondisi lingkungan yang sehat, Dalam hal ini Kecamatan Cipondoh selain memberikan pelayanan yang prima juga mewujudkan perkantoran yang sehat," ujar Kiki
.   
Dijelaskannya, Sebagai kantor pemerintahan sehat yang mewakili Kota Tangerang di tingkat Propinsi Banten, Kecamatan Cipondoh memiliki berbagai sarana dan prasarana yang dapat dinikmati berupa fasilitas ibadah yakni Musholla Al Qodar, kemudian terdapat kantin sederhana yang melayani pegawai maupun masyarakat yang sedang mengurus berbagai keperluannya. 
   
Bahkan lingkungan Kecamatan semakin rindang dan asri dengan kehadiran vertikal garden, kolam ikan dan lukisan mural.
   
"Fasilitas yang tersedia bertujuan agar Kantor Kecamatan didatangi masyarakat tak hanya untuk pelayanan administrasi tetapi juga dapat sambil berekreasi dan berswafoto apalagi ada spot menarik seperti catur gede jasa," kata dia.
     
Dikatakannya, Kecamatan Cipondoh sehat didukung dengan peningkatan pelayanan. Salah satunya berinovasi dengan meluncurkan aplikasi Sianton (Sistem Antrian Online). 
   
Melalui aplikasi yang dapat diunduh secara gratis itu, masyarakat dapat mengambil nomor antrian pelayanan dimanapun dan kapanpun sehingga lebih efisien dan hemat waktu.
     
"Kehadiran aplikasi Sianton turut mendukung program Pemkot Tangerang dalam Kota cerdas, Sehingga masyarakat Cipondoh terbiasa dalam penggunaan teknologi yang mudah dan cepat," ungkapnya.
   
Penghargaan Kantor Kecamatan sehat merupakan satu dari sekian apresiasi yang diraih atas berbagai inovasi yang dilakukan bersama jajarannya. 
   
Sebelumnya Kecamatan Cipondoh mendapatkan penghargaan dari propinsi Banten sebagai Kecamatan dengan pencapaian penilaian tertinggi laporan kinerja pemerintahan daerah dengan kategori pembinaan terbaik, Raihan ini semakin lengkap ditambah dengan Kelurahan Cipondoh Makmur yang meraih kategori Kelurahan berkembang pesat.
   
"Inovasi-inovasi serta penghargaan yang diterima oleh Kecamatan Cipondoh diharapkan memotivasi aparatur Kecamatan serta Kelurahan di lingkup Cipondoh serta Kecamatan lainnya di Kota Tangerang dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kami berharap Cipondoh dapat mewakili Propinsi Banten sehingga dapat mengikuti penilaian tingkat Nasional," papar dia.
   
Sementara Ketua FKTS Kota Tangerang, Hj Siti Rochayah mengatakan, setelah dilakukan verifikasi empat unsur Kota sehat memenuhi indikator penilaian. 
   
Khusus Kecamatan dan Kelurahan terbaik meliputi kebersihan lokasi, disiplin pegawai, sanitasi lingkungan serta penilaian pembinaan ke Kelurahan tidak boleh kurang dari nilai 70 indikator.
     
"Kami sudah lakukan penilaian dan memenuhi indikator sebagai perkantoran sehat yakni Kecamatan Cipondoh," ucapnya. (ADV)
Camat Cipondoh Menerima penghargaan saat Healthy City Summit

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018