Tangerang (Antaranews Banten) - Aparat Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan sosial sebesar Rp337,33 miliar untuk keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar pada 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang, Banten.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Harry Hikmat di Tangerang, Jumat mengatakan terdapat empat jenis bansos tersebut yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp174,74 miliar kepada 132.381 KPM.

"Juga diberikan bantuan Sosial Lanjut Usia sebesar Rp766 juta kepada 383 keluarga," kata Harry Hikmat di Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang.

Harry mengatakan dalam acara sosialisasi bertajuk "Penyaluran Bansos Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH)" kepada sebanyak 340 KPM di aula Desa Cikuya yang dihadiri Ketua Komisi VIII, M. Ali Taher, Kepala Dinsos Pemkab Tangerang, Arsyad Husein serta pejabat terkait lainnya Pemprov Banten.

Dia menambahkan bantuan PKH sebesar Rp161,288 miliar diserahkan kepada sebanyak 85.338 KPM pada 29 kecamatan.

Bahkan penyerahan lainnya berupa bantuan sosial disabilitas sebesar Rp542 juta kepada 271 keluarga kurang mampu.

Pihaknya berupaya agar setiap tahun ada validasi data dan diharapkan penerima dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk kepentingan pendidikan, pembelian sembako atau keperluan mendesak lainnya.

Namun dalam sosialisasi tersebut warga kurang memperlihatkan buku tabungan dari Bank BRI dan kartu ATM serta pengecekan pengunaan teknologi sehingga penerima tidak hanya dapat mencairkan di kantor bank tapi pada mesin yang sudah disediakan.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR, M. Ali Taher mengatakan PKM yang dominan adalah perempuan tidak memperbolehkan pengunaan bantuan tersebut untuk membeli rokok atau pulsa telepon selular.

"Apalagi dipakai untuk keperluan lain yang tidak penting, bila ini terjadi maka dapat dipastikan bantuan dihentikan," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Menurut dia, untuk tahun 2018, penyaluran bansos mencapai Rp58 triliun yang tahun sebelumnya sekitar Rp41,3 triliun.

Pada acara itu, politisi dari daerah pemilihan Tangerang Raya itu juga menyerahkan secara simbolis bantuan dari Bank BRI masing-masing Rp350 ribu kepada tiga anak PKH yang telah berprestasi yakni Della Widiastuti, anggota paskibraka, Risma Amelia, juara lomba pidato dan Maryani, juara satu di sekolah.

Baca juga: Polresta Tangerang Kembalikan Dana Hibah Rp1,028 Miliar 

Pewarta: Adityawarman(TGR)

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018