Serang (Antaranews Banten) - Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan bantuan tunia bersyarat berupa progran Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu) (Jamsosratu) dan Kartu Multi Guna Provinsi Banten.
   
Penyerahan Jamsosratu dengan Kartu Multi Guna Versi Gerbang Pembayaran Nasional tersebut dilakukan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy kepada warga penerima manfaat di GOR Maulana Yusuf Serang, di Serang, Selasa.
     
Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memandu langsung salah seorang warga penerima manfaat Jamsosratu, menarik uang dari salah satu ATM Bank Banten yang bekerja sama dengan Pemprov Banten dalam penyaluran bantuan langsung non tunai tersebut.
   
"Manfaatkan dengan baik uangnya untuk kepentingan-kepentingan yang produktif yah. Jangan digunakan untuk konsumtif," kata Andika kepada warga.
   
Ia mengatakan, program ini merupakan komitmen dan sinergitas pemerintah Provinsi Banten dengan Pemerintah Pusat dalam percepatan penanggulangan kemiskinan. Sebagaimana amanat Peraturan Presiden RI No 96 Tahun 2015 Jo Perpres No 15 Tahun 2010 Tentang Percepatan Penanggulangan Kesmiskinan.
   
Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana mengatakan, jumlah penerima bantuan tunai bersyarat dalam program Jamsosratu Thaun 2018 se-Provinsi Banten sebanyak 29.412 rumah tangga sasaran (RTS) yang tersebar di 8 kabupaten/kota, dengan besaran bantuan untuk masing-masing penerima sebesar Rp1.665.000 per tahun yang dibayarkan dalam dua tahap.
     
"Hari ini selain 'launching penyaluran kartu multi guna versi gerbang pembayaran nasional, sekaligus juga dilaksanakan penyaluran Jamsosratu bagi 1.500 RTS di Kota Serang," kata Nurhana.
   
Penyaluran Jamsosratu dilakukan secara non tunai melalui kerjasama dengan Bank Banten serta Bank penyalur lainnya yang bekerjasama dengan Pemprov Banten.
     
"Pada tahap awal diberikan bantuan non tunai ini sebesar Rp1 juta yang diambil melalui ATM. Bagi warga yang belum bisa menggunakan ATM bisa didampingi keluarga, saudara atau para pendamping," kata Nurhana.

Baca juga: Banten Akan Tambah Penerima Jamsosratu Jadi 75 Ribu

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018