Pemerintah Kota Tangerang Banten mengajak peran aktif kelompok sadar wisata (Pokdarwis) guna menggerakkan perekonomian warga lewat aktivitas wisata.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin di Tangerang Sabtu mengatakan keberadaan Pokdarwis merupakan instrumen penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan wisata.

Sehingga Pokdarwis bisa menjadi pemacu bagi warga sekitar untuk terus mengembangkan potensi wisata seperti di kawasan Situ Gede sehingga juga mendorong UMKM lokal agar dapat tumbuh bersama.

"Pokdarwis ini menjadi salah satu upaya untuk memastikan perputaran ekonomi di Kota Tangerang juga menyentuh seluruh masyarakat," katanya.

Baca juga: SMP PGRI 1 Tangerang gelar program kewirausahaan bagian kurikulum merdeka

Nurdin juga mengapresiasi Festival Situ Gede Eco Space di Situ Gede yang diselenggarakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Tangerang dengan kolaborasi dari Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) dari 25 - 27 Oktober 2024.

"Kami telah melakukan pelepasan 10 ribu ekor ikan di Situ Gede dan festival semakin meriah dengan kehadiran mobil-mobil Camping Van yang menarik perhatian pengunjung," katanya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut Situ Gede dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi salah satu destinasi favorit di Kota Tangerang.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada APJI Kota Tangerang yang turut mendukung pengembangan Pokdarwis, khususnya bagi UMKM di bidang kuliner," katanya.

Baca juga: Dinsos minta mahasiswa lampirkan kuitansi belanja barang gunakan bansos

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Tangerang Rosyadi. HS mengatakan beragam event seperti Festival di Kota Tangerang mampu mendongkrak pertumbuhan UMKM serta menjadi daya tarik wisatawan berkunjung.

Oleh karena itu, kedepannya penyelenggaraan event tak hanya dilaksanakan di lokasi-lokasi yang sudah sering dilaksanakan namun juga di tempat wisata lainnya

“Tempat wisata yang bisa dijadikan lokasi event di Kota Tangerang bisa Situ Cipondoh, Situ Gede Eco Space dan beberapa taman tematik lainnya,” imbuhnya.

Baca juga: DKP Kota Tangerang salurkan bantuan pakan ikan 3,81 ton

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024