Dinas Sosial Kota Tangerang, Banten mengingatkan mahasiswa penerima bantuan sosial biaya pendidikan perguruan tinggi untuk melampirkan kuitansi atau nota pembayaran dari setiap pembelian barang menggunakan anggaran tersebut.

"Mahasiswa nantinya bisa mempertanggungjawabkan bantuan sosial sebesar Rp6 juta dengan bukti berupa kuitansi, nota pembayaran, atau invoice saat membeli barang penunjang kebutuhan kuliah," kata Kepala Dinsos Kota Tangerang Mulyani di Tangerang Jumat.

Dinas Sosial Kota Tangerang telah menggelar sosialisasi surat pertanggungjawaban (SPJ) bansos biaya pendidikan jenjang perguruan tinggi kepada mahasiswa penerima bantuan.

Ia menyebutkan pada tahun ini terdapat 337 mahasiswa yang telah lulus verifikasi untuk berhak menerima bansos biaya pendidikan perguruan tinggi pada 2024 dari Pemkot Tangerang.

"Kita juga ajak unsur dari kelurahan seperti kasi kemas kecamatan dan kelurahan sebagai pendamping pertanggungjawaban para mahasiswa dengan bansos yang diterima," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang berikan bansos biaya pendidikan pada 46 mahasiswa

Ia berharap, mahasiswa penerima bansos dapat lebih paham kegunaan bantuan uang tunai ini untuk dimanfaatkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Maka, tak hanya sasarannya saja yang dipastikan tepat, tapi secara penggunaannya diharapkan juga dapat sesuai untuk menunjang kebutuhan kuliah para mahasiswa Kota Tangerang," katanya.

Seorang penerima manfaat bansos mahasiswa, Dzulfa Riana, menjelaskan, kemudahan alur pendaftaran bansos biaya pendidikan mahasiswa, yakni dengan mengakses aplikasi Tangerang LIVE kemudian melengkapi berkas.

"Prosesnya mudah dan cepat. aku hanya upload dokumen berkas pengajuan seperti surat keterangan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), proposal pengajuan, transkrip nilai, surat keterangan dari kampus, dan sebagainya lalu wawancara,” kata dia.

Hingga saat ini, 876 mahasiswa menerima manfaat bantuan sosial bantuan biaya pendidikan jenjang perguruan tinggi ini.

"Dinsos Kota Tangerang menargetkan tahun ini akan menjadi 1.000 mahasiswa yang akan menerima manfaat program ini," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang salurkan bansos ke 2.866 penerima manfaat

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024