Sebanyak lima peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 Kabupaten Serang, Banten gagal ikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) karena terlambat datang ke lokasi tes. 
 
Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Surtaman, di Serang, Kamis, mengatakan ada 958 peserta dijadwalkan mengikuti tes SKD dengan menggunakan Sistem CAT (Computer Assisted Test) di Universitas Banten Jaya, Kota Serang. 
 
"SKD CPNS dilaksanakan selama dua hari, tanggal 23 dan 24 Oktober 2024. Untuk hari pertama, SKD dilaksanakan dalam tiga sesi yaitu terdiri dari sesi 2, 3 dan sesi 4," katanya. 
 
Menurut dia,untuk sesi 2 ada 251 orang ditambah yang melaksanakan tes di daerah lain. Kemudian sesi 3 sebanyak 300 orang dan sesi 4 sebanyak 300 orang. 
 
"Untuk hari pertama di sesi 3 ada lima orang yang dinyatakan gugur atau gagal karena mereka terlambat datang. Di jadwal sesi 3 itu pukul 12.30 WIB maka 15 menit sebelumnya peserta sudah harus berada di lokasi," katanya menambahkan.

Baca juga: BKPSDM Kota Serang catat 16 ribu orang daftar CPNS 2024
 
Sedangkan untuk hari kedua ini, lanjut dia, hanya ada satu sesi dengan jumlah peserta sebanyak 37 orang dan tes SKD bergabung dengan Kabupaten Pandeglang. 
 
"Untuk total peserta yang mengikuti tes ada sebanyak 958 peserta. Mereka memperebutkan 56 formasi CPNS," katanya menegaskan.
 
Dari 56 formasi tersebut diantaranya 29 formasi untuk tenaga kesehatan dan 27 tenaga teknis. Dari jumlah tersebut bahkan ada sebanyak 11 formasi dokter spesialis dan subs spesialis yang tidak terisi. 
 
"Untuk kegiatan SKD CPNS hari ini menggunakan sistem CAT dimana setelah para peserta menjalankan tes, nilainya akan langsung keluar, sehingga lulus dan tidaknya langsung ketahuan," pungkas Surtaman.

Baca juga: Pemkot Tangerang imbau masyarakat antisipasi penipuan seleksi CPNS

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024