Universitas Terbuka (UT) meraih penghargaan dari Kanwil DJP Provinsi Banten sebagai salah satu wajib pajak terbaik pada acara Forum Konsultasi Publik dan Apresiasi Stakeholder Kantor Wilayah DJP Banten.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel & Convention Center Aston Serang, pada Rabu, 16 Oktober 2024 tersebut digelar dalam rangka memberikan penghargaan kepada Wajib Pajak yang telah memberikan sumbangsih kontribusi terhadap pemenuhan target penerimaan dan kepatuhan kewajiban perpajakan se-Provinsi Banten.  

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Kanwil DJP Banten Cucu Supriatna di damping Kepala KPP Pratama Pondok Aren, Henny Setyawati kepada Dr. Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum sebagai Direktur UT Serang mewakili Rektor UT.

Pada acara yang dihadiri para Kepala OPD Provinsi Banten tersebut Kakanwil DJP Banten dalam sambutannya menyatakan harapan akan peningkatan kepatuhan dalam pemenuhan kewajiban perpajakan, baik pajak daerah maupun pajak pusat.  

Ia menggarisbawahi bahwa pajak adalah tulang punggung penerimaan negara, dan kolaborasi antara pemerintah dan Wajib Pajak sangatlah penting untuk menciptakan sistem perpajakan yang lebih kuat.

Baca juga: Mahasiswa baru UT Serang siap bertransformasi lewat PKBJJ

Sementara itu Dr. Teguh Prakoso menyampaikan rasa syukur nya karena UT menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menerima penghargaan sebagai Wajib Pajak Kontributif tahun 2023.

Penghargaan tersebut diperoleh melalui pengakuan dari Kanwil Pajak Provinsi Banten, melalui Kantor KPP Pratama Pondok Aren. 

"Prestasi ini mencerminkan komitmen UT dalam menjalankan kewajiban perpajakan nya secara tepat, serta dedikasi nya terhadap akuntabilitas keuangan," kata Teguh.

Menurut Teguh penghargaan tersebut bukan hanya sekadar pengakuan, melainkan juga menunjukkan bahwa kinerja UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) sudah selaras dengan prinsip-prinsip akuntabilitas yang diperlukan dalam pengelolaan keuangan dan kewajiban perpajakan, sekaligus memperkuat posisi UT sebagai institusi pendidikan yang bertanggung jawab.

Dengan keberhasilan ini lanjut Teguh, UT berharap dapat menjadi contoh bagi institusi lain dalam mematuhi kewajiban perpajakan dan menginspirasi peningkatan kesadaran akan pentingnya kontribusi dalam pembangunan negara melalui pembayaran pajak.

Baca juga: Dua puluh tahun lebih UT Serang telah layani masyarakat Banten

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024