Seiring dengan pemekaran wilayah Banten menjadi provinsi ke-30 di Indonesia, tepatnya 29 Oktober 2003, Universitas Terbuka Serang (UT) resmi didirikan untuk cabang layanan wilayah Propinsi Banten, dan kini sudah dua puluh tahun lebih memberikan kontribusi kemudahan layanan pemerataan Pendidikan Tinggi bagi masyarakat setempat.

Direktur UT Serang, Dr Teguh Prakoso, S.Pd, M.Hum, di Serang, Kamis mengatakan, dalam perkembangan melayani masyarakat Banten, UT Serang terus berkembang. Hal ini ditandai dengan terus meningkatnya jumlah mahasiswa serta berdirinya Gedung UT di Jalan Raya Jakarta Serang KM 7 Pakupatan Cipocok Jaya, Serang.

Hingga saat ini UT Serang telah meluluskan 47.033 dan jumlah mahasiswa yang melakukan registrasi sebanyak 14.452. Mereka tersebar di seluruh wilayah Provinsi Banten. 

Baca juga: Ratusan mahasiswa baru UT Serang antusias ikuti Orientasi Studi di Tangerang

UT Serang juga telah siap memberikan layanan pendidikan berbagai bidang program sebanyak 43 program studi, mulai program diploma, sarjana, magister, hingga program doktoral. 

"Dengan beragam program studi dan jenis layanan pembelajaran yang fleksibel. Kami siap melayani dan berkontribusi lebih luas lagi dalam upaya peningkatan SDM dan pemerataan pendidikan Tinggi bagi masyarakat di Wilayah Provinsi Banten," kata Dr Teguh Prakoso. 

Di 2024 ini, lanjut Dr Teguh Prakoso, baru saja dilaksanakan wisuda periode kedua Universitas Terbuka (UT) Serang telah menggelar upacara wisuda bagi 465 mahasiswa di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan, Selasa (24/9/).

Ia menjelaskan, kegiatan wisuda tersebut sengaja diselenggarakan di Gedung UT Pusat tepatnya di Gedung UTCC.

"Kalau di UT Pusat itu ada rasa memiliki, rasa kebanggaan bagi orang-orang Banten terhadap UT Serang makin baik," pungkas Dr Teguh Prakoso.

Baca juga: Universitas Terbuka Serang gelar wisuda periode ke dua bagi 465 mahasiswa

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024