Lebak (Antaranews Banten) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoptimalkan layanan angkutan Lebaran untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang hingga sampai tujuan.

"Kami berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pengguna jasa angkutan kereta," kata Kepala Stasiun Rangkasbitung,Kabupaten Lebak, Endarno di Lebak, Selasa.

Pelayanan arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2018 sejauh ini berjalan lancar, meski terjadi lonjakan penumpang,  keberangkatan dan kedatangan kereta api juga tepat waktu.

PT Kereta Api Indonesia melalui Stasiun Rangkasbitung mengoperasikan sebanyak 21 kereta rel listrik (KRL) atau Commuterline dan enam KA Ekonomi.

Sementara perjalanan pulang-pergi sebanyak 42 kali dengan keberangkatan KRL Rangkasbitung-Tanahabang pukul 04.10 WIB dan terakhir Rangkasbitung-Parungpanjang pukul 23.00 WIB.

Keberangkatan KA Ekonomi Rangkasbitung-Merak pukul 03.50 WIB dan terakhir pukul 20.00 WIB.

"Semua rangkaian gerbong kereta itu aman dan laik beroperasi melayani penumpang," katanya menjelaskan.

Menurut Endarno, pihaknya bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dengan mengutamakan kenyamanan, keamanan dan keselamatan.

Pelayanan itu diantaranya memastikan pendingin ruangan di seluruh gerbong kereta api berfungsi dengan baik sehingga penumpang merasa nyaman selama perjalanan.

PT KAI juga menyebarkan sejumlah petugas keamanan yang melibatkan Kepolisian, TNI, Pramuka, PMI dan Pelajar.

Kemudian untuk  penumpang disabilitas, usia lanjut dan ibu hamil mendapat bantuan petugas untuk kemudahan mereka.

Selain itu PT KAI juga menyediakan ruangan bagi penumpang kelelahan, ibu menyusui balita, sakit maupun penumpang penyandang cacat.

Mushola  dengan ruangan yang bersih dan nyaman juga dipersiapkan bagi penumpang yang akan melaksanakan ibadah shalat.

Petugas gabungan malam dan pagi juga melakukan pemeriksaan keamanan rel kereta.

"Kami terus meningkatkan kualitas pelayanan agar masyarakat pengguna jasa angkutan kereta merasa aman dan nyaman," katanya.

Baca juga: Arus Mudik - Stasiun Rangkasbitung Sediakan Fasilitas Penyandang Cacat

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018